Hari Ini dalam Sejarah: 4 Januari 1990, Tabrakan Kereta Api di Pakistan

Kompas.com - 04/01/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi kecelakaan kereta api ShutterstockIlustrasi kecelakaan kereta api

KOMPAS.com - Hari ini 31 tahun lalu, tepatnya 4 Januari 1990, dua kereta api bertabrakan di Sangi, Pakistan, dan menewaskan ratusan orang penumpang.

Melansir History, insiden ini tercatat sebagai kecelakaan kereta api terburuk dalam sejarah Pakistan.

Salah satu kereta api dalam kecelakaan tersebut, Zakaria Bahauddin, memilki kapasitas 1.400 penumpang dan tengah melakukan perjalanan sejauh 500 mil antara Multan dan Karachi.

Pada 4 Januari 1990, kereta api Zakaria membawa 16 gerbong yang dipadati 2.000 penumpang.

Jumlah penumpang tersebut melebihi kapasitas maksimal, namun merupakan pemandangan yang dianggap biasa di Pakistan pada waktu itu.

Ketika kereta api itu mendekati desa Sangi di provinsi Sindh, secara mendadak ia berpindah jalur rel. Celakanya, pada jalur baru ini terparkir kereta api lain yang membawa 67 gerbong.

Kecelakaan naas itu kemudian terjadi. Kereta api Zakaria menghantam kereta yang terparkir tersebut dengan kecepatan 35 mil/jam.

Masinis kereta api Zakaria yang berhasil selamat dari kecelakaan itu, mengungkapkan, kereta tersebut telah dipindah jalur oleh petugas yang lalai.

Setelah dilakukan penyelidikan dan penangkapan, petugas itu kemudian dijatuhi hukuman penjara karena kelalaiannya telah mengakibatkan hilangnya ratusan nyawa.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 31 Desember 2005, Ledakan Bom di Pasar Tradisional Palu

Ratusan korban jiwa

Kecelakaan itu menyebabkan lokomotif kereta api Zakaria terpental keluar dari rel, dan menyeret tiga gerbong penumpang lainnya keluar dari jalur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X