Kane Tanaka, Manusia Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Ke-118

Kompas.com - 03/01/2021, 20:40 WIB
Orang tertua di Jepang, Kane Tanaka, 117 tahun, mengatakan rahasia umur panjang adalah makan makanan enak dan belajar matematika. Foto diambil Januari 2020. KYODO NEWS/SIPA VIA CNN Orang tertua di Jepang, Kane Tanaka, 117 tahun, mengatakan rahasia umur panjang adalah makan makanan enak dan belajar matematika. Foto diambil Januari 2020.

KOMPAS.com - Kane Tanaka, manusia tertua di dunia merayakan ulang tahunnya yang ke 118 pada Sabtu (2/1/2021) di sebuah panti jompo di Fukuoka, Jepang.

Melansir The Mainichi, Tanaka lahir pada 2 Januari 1903, dan dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai manusia tertua di dunia yang masih hidup pada Maret 2019, ketika ia berusia 116 tahun.

Tanaka merayakan ulang tahunnya yang ke-118 bersama penghuni panti jompo lainnya. Dia mengaku sangat bahagia.

"Terima kasih semuanya," kata Tanaka.

Baca juga: Berusia 116 Tahun, Perempuan Jepang Ini Dinobatkan Jadi Manusia Tertua di Dunia

Suka makan coklat dan minum soda

Perempuan yang lahir pada tahun yang sama ketika Wright bersaudara menciptakan pesawat terbang ini menghabiskan hari-harinya dengan berolahraga, belajar matematika, dan bermain permainan papan, Othello.

Meski sudah berusia sangat lanjut, perawat panti jompo mengatakan, Tanaka masih suka makan coklat dan bahkan minum soda.

Tanaka mengatakan, rahasianya berumur panjang adalah makan makanan yang enak dan terus belajar. Dia mengatakan, ingin hidup sehat hingga berusia 120 tahun.

"Tahun ini adalah tahun yang sulit karena pandemi virus corona, tapi syukurlah Kane baik-baik saja," kata Eiji, cucu laki-laki Kane, yang berusia 61 tahun.

"Saya senang karena dia sangat menikmati hari-harinya," kata Eiji menambahkan.

Baca juga: Mbah Arjo, Manusia Tertua di Indonesia Meninggal di Usia 193 Tahun

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X