Titik Api Diam Disebut Terlihat di Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Kompas.com - 03/01/2021, 15:30 WIB
Unggahan yang menyebut sudah terlihat titik api diam di Gunung Merapi. FACEBOOKUnggahan yang menyebut sudah terlihat titik api diam di Gunung Merapi.

KOMPAS.com - Sejumlah unggahan yang menyebut adanya titik api diam di Gunung Merapi, ramai di media sosial.

Salah satunya, unggahan tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Rmj Jaya di grup Facebook Info Merapi, Sabtu (2/1/2021).

"Titik Api diam terlihat lewat yt Induk frekom 86," tulis akun Facebook Rmj Jaya.

Channel YouTube Induk Frekom 86 merupakan salah satu saluran yang menampilkan beberapa CCTV untuk memantau situasi di Gunung Merapi.

Hingga Minggu (3/1/2021) sore, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 150 kali dan mendapat beragam komentar dari sesama warganet.

Baca juga: Update Terkini Gunung Merapi: 5 Kali Gemuruh dan 12 Kali Guguran

Unggahan lain yang menyebut tentang titik api diam di Gunung Merapi dibagikan oleh akun Facebook Yohanasani Widayatsari.

Dalam unggahannya, Yohanasani membagikan link channel YouTube VolcanoYT yang juga menyediakan beberapa CCTV untuk memonitor situasi Gunung Merapi.

"..buat ngintip2 Merapi.. nonton titik api diam," tulis akun Facebook Yohanasani Widayatsari.

Unggahan yang menyebut sudah terlihat titik api diam di Gunung Merapi.FACEBOOK Unggahan yang menyebut sudah terlihat titik api diam di Gunung Merapi.

Baca juga: Link CCTV untuk Memantau Gunung Merapi dan Nomor Telepon Penting

Lantas, benarkah sudah teramati titik api diam di Gunung Merapi?

Penjelasan BPPTKG

Kompas.com menghubungi Kasi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X