Ramai soal Donor Kornea Mata, Bagaimana Syarat dan Prosedurnya?

Kompas.com - 03/01/2021, 14:15 WIB
Ilustrasi mata Digital VisionIlustrasi mata

KOMPAS.com - Sebuah twit berisi informasi mengenai salah satu warganet yang mendaftar sebagai pendonor kornea mata viral di media sosial pada Kamis, (31/12/2020).

"Beraniin diri buat donor mata. Aku bangga sama diri sendiri," tulis akun Twitter @wtfdeens dalam twitnya.

Selain itu, ia juga menambahkan foto yang menunjukkan bagian belakang KTP dengan stiker berhologram "Eye Bank Hotline 021-2922 1000 Saya Donor Mata".

Hingga kini, unggahan tersebut sudah di-retwit sebanyak 6.400 kali dan disukai sebanyak lebih dari 40.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Sementara itu, sejumlah warganet yang ingin mendonorkan mata mengaku masih belum paham, apakah mata dengan kondisi minus/plus/silinder masih diperbolehkan untuk didonorkan atau tidak.

Baca juga: Atasi Kebutaan di Indonesia, Donor Mata Bukan Diambil Bola Matanya

Penjelasan dokter

Menanggapi twit itu, dokter spesialis bedah di RSUP Kariadi Semarang, Robin Novriansyah menjelaskan, seseorang dapat mendonorkan mata atau lebih tepatnya kornea matanya ketika ia meninggal dunia.

Kornea mata merupakan lapisan bening yang ada di bagian terluar mata.

Selaput ini berfungsi membuat cahaya melewati pupil dan lensa untuk fokus ke retina agar mata dapat melihat dengan baik.

Robin menambahkan, kornea mata dapat didonorkan maksimasl 2 jam setelah pendonor meninggal dunia.

"Biasanya kalau mau didonorkan harus segera, syaratnya sehat, tidak ada penyakit infeksius dan maksimal 2 jam setelah meninggal dunia," ujar Robin saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (2/1/2021).

Baca juga: Begini Proses Donor Mata yang Tak Diketahui Banyak Orang

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X