Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Akun Facebook "Ratu Tatu Chasana" Catut Bupati Serang

Kompas.com - 03/01/2021, 13:40 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Ada sebuah akun Facebook dengan nama "Ratu Tatu Chasana", yang kerap membagikan kegiatan Bupati Serang, Banten, Ratu Tatu Chasanah. 

Salah satunya ketika Bupati Serang menerima penghargaan dari Moeslim Choice Network di TVRI.

Namun, Ratu Tatu Chasanah menyebutkan, akun itu bukan miliknya, melainkan pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan dirinya.

Narasi yang beredar

Akun Facebook dengan nama "Ratu Tatu Chasana" menggunakan foto profil sosok Bupati Serang yang sama dengan foto profil di akun asli "Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE. M.Ak", dengan mengenakan baju putih dan kerudung berwarnah merah muda.

Foto profil ini baru digunakan sejak 28 Desember 2020.

Sebelumnya, akun ini menggunakan foto diri Bupati Ratu Tatu saat menggunakan baju dinas bupati berwarna putih, kerudung hitam, lengkap dengan topi.

Akun yang pertama kali beraktivitas pada 20 Desember 2020 itu kerap kali mengunggah sejumlah aktivitas atau kegiatan sang bupati.

Mulai dari berbagai kunjungan, penerimaan penghargaan, dan sebagainya.

Hingga saat ini, Minggu (3/1/2021) siang, akun "Ratu Tatu Chasana" memiliki 251 teman di Facebook.

Penelusuran Kompas.com

Melalui laman Fanpage Facebook miliknya, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, akun lain yang menggunakan namanya palsu.

"Ibu dapat informasi, ada akun Facebook yang mengatasnamakan Ibu, dengan nama akun Ratu Tatu Chasana. Akun Tersebut palsu dan Ibu secara terintegrasi hanya memakai Fanpage Facebook Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE. M.Ak," tulis Ratu Tatu di laman Fanpage-nya, 28 Desember 2020.

WASPADA PENIPUAN Ibu dapat informasi, ada akun Facebook yang mengatasnamakan Ibu, dgn nama akun Ratu Tatu Chasana. Akun...

Dikirim oleh Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak pada Minggu, 27 Desember 2020

Dalam salah satu gambar yang diunggah akun resmi Bupati Ratu Tatu, terdapat dua tangkapan layar yang menunjukkan akun palsu "Ratu Tatu Chasana" melakukan komunikasi dengan akun lain dan meminta kode tertentu yang disebut sudah dikirim ke nomor ponsel orang yang diajak berkomunikasi melalui SMS.

Terkait dengan aktivitas komunikasi melalui fitur perpesanan yang dilakukan akun tersebut kepada sejumlah akun lain, Ratu Tatu memberikan konfirmasinya.

Ia mengaku jarang berkomunikasi melalui fitur tersebut.

"Selain itu, mohon maaf, di tengah kesibukan, ibu jarang sekali berkomunikasi melalui Messenger Facebook. Namun itu semua tidak mengurangi niat baik kita semua untuk bersilaturahmi melalui media sosial," jelas dia.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com