Buka pedulilindungi.id untuk Cek Status Penerima Vaksin Covid-19

Kompas.com - 03/01/2021, 07:05 WIB
Tangkapan layar https://pedulilindungi.id/cek-nik screenshootTangkapan layar https://pedulilindungi.id/cek-nik

KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Indonesia direncanakan akan dilaksanakan mulai pertengahan Januari 2021. 

Hal itu setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan mengeluarkan izin penggunaan vaksin virus corona

 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, vaksinasi akan dilakukan dalam dua tahap.

Baca juga: 40,2 Juta Orang Akan Terima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama, Ini Rinciannya

 

Di tahap pertama, vaksinasi diutamakan untuk petugas kesehatan, petugas publik, dan kemudian lansia. 

"Tahap awal dilakukan pada Januari sampai April 2021 dengan rincian penerima vaksin yakni petugas kesehatan sebanyak 1,3 juta, petugas publik 17,4 juta, dan lansia sebanyak 21,5 juta," ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (2/1/2021).

Selanjutnya, bagi warga yang berusia di atas 60 tahun akan divaksinasi setelah mendapatkan kepastian keamanan vaksin untuk diberikan pada kelompok umur tersebut.

Tahap vaksinasi

Pihak Kemenkes memperkirakan vaksinasi untuk kategori prioritas pertama ini dapat dimulai antara 15 sampai 25 Januari 2021.

Selanjutnya untuk vaksinasi untuk tahap kedua direncanakan dilaksanakan pada April 2021 hingga Maret 2022.

Pada tahap kedua ini vaksinasi akan diberikan kepada 63,9 juta masyarakat rentan atau masyarakat di daerah dengan risiko penularan tinggi. 

Selanjutnya, vaksin juga diberikan kepada 77,4 juta masyarakat dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Jumlah keseluruhan, total target penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sekitar 181 juta penduduk atau sekitar 70 pesen total penduduk.

Baca juga: Sama-sama Gunakan mRNA, Bagaimana Cara Kerja Vaksin Corona Pfizer dan Moderna?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X