Menilik Perbedaan Vaksin Oxford-AstraZeneca dengan Pfizer/BioNTech, Apa Saja?

Kompas.com - 01/01/2021, 06:30 WIB
Argentina meluncurkan vaksinasi Covid-19 kampanye dengan tembakan Sputnik V yang dikembangkan oleh Rusia, AFP PHOTO/STRArgentina meluncurkan vaksinasi Covid-19 kampanye dengan tembakan Sputnik V yang dikembangkan oleh Rusia,

KOMPAS.com - Inggris mengumumkan menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin Covid-19 buatan Universitas Oxford-AstraZeneca pada Rabu (30/12/2020).

Tindakan ini menambahkan pasokan suntikan bantuan vaksin Covid-19 untuk melawan pandemi virus corona.

Sebelumnya, Inggris juga menyetujui penggunaan vaksin Pfizer/BioNTech untuk digunakan di negaranya.

Baca juga: Profil AstraZeneca, Penyedia 100 Juta Vaksin Corona untuk Indonesia

Lantas, apa saja perbedaan antara vaksin Oxford-AstraZeneca dengan Pfizer/BioNTech?

Keefektifan vaksin

Dilansir dari Reuters (31/12/2020), menurut data sementara, vaksin virus corona AstraZeneca/Oxford disebut manjur dalam mencegah infeksi Covid-19 bergejala dengan tingkat keefektifan sebesar 70,4 persen.

Angka ini diperoleh dari 5.807 orang yang mendapat vaksin dua dosis setelah 30 hari, dibandingkan dengan 101 dari 5.829 orang yang mendapat plasebo.

Hal itu sebanding dengan kemanjuran 95 persen dari vaksin dua suntikan dari Pfizer/BioNTech.

Kendati demikian, mereka yang menerima setengah dosis vaksin AstraZeneca, diikuti dengan dosis penuh, terbukti memiliki perlindungan sebesar 90 persen.

Baca juga: Kemanjuran Vaksin Sinovac Berbeda di Beberapa Negara, Bagaimana Bisa?

Teknologi, harga, dan penyimpanan

Terkait biaya, AstraZeneca berjanji biaya vaksin itu hanya beberapa dolar per dosis dan dijual tanpa menghasilkan keuntungan, sementara vaksin Pfizer berharga 18,40-19,50 dollar AS atau sekitar Rp 255.839 sampai Rp 271.133 per dosis.

Untuk penyimpanan vaksin, AstraZeneca tidak memerlukan pembekuan pada suhu minus 70 derajat, namun vaksin ini bisa disimpan di lemari es standar selama 6 bulan lamanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X