Ditemukan Lebih Banyak di Darah Pasien, Ini Penyebab Varian Baru Covid-19 Lebih Menular

Kompas.com - 30/12/2020, 20:01 WIB
virus corona bbc.co.ukvirus corona

KOMPAS.com - Varian baru virus corona yang menyebar di Inggris disebutkan oleh para ahli lebih menular dibandingkan jenis sebelumnya.

Hal itu didukung dengan analisis yang menunjukkan bahwa jumlah virus Covid-19 varian baru ini ditemukan lebih tinggi dalam darah pasien.

Dikutip dari The Guardian (30/12/2020), para ilmuwan mengatakan mereka memiliki keyakinan bahwa varian virus bernama B117 memiliki keunggulan penularan lebih tinggi.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Inggris, Diduga Lebih Menular

Penyebab virus lebih menular

Studi pemodelan oleh London School of Hygiene and Tropical Medicine bahkan menyebut, peneliti memperkirakan sekitar 56 persen lebih dapat ditularkan daripada varian sebelumnya.

Sementara pada Senin (21/12/2020), Pemerintah Inggris merilis perkiraan awal bahwa varian itu 70 persen lebih menular.

Sejumlah besar faktor juga dapat menjelaskan mengapa itu lebih dapat ditularkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika variannya lebih menular, maka lebih sedikit partikel virus yang dibutuhkan dalam inang untuk menyebarkan patogen.

Virus juga mungkin berkembang biak lebih cepat di saluran udara, atau membuat orang menularkan lebih lama, membuat mereka lebih mungkin menularkan virus.

“Bagaimana persisnya varian mencapai viral load tinggi adalah pertanyaan besar lainnya,” kata Dr Michael Kidd, dari PHE Public Health Laboratory di Birmingham.

Kidd juga menambahkan bahwa konfirmasi berbasis laboratorium diperlukan untuk memahami dasar biologis dari keuntungan penularan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X