Viral Video Parodi Lagu Indonesia Raya, KBRI Serahkan Invetigasi ke Polisi Malaysia

Kompas.com - 28/12/2020, 15:33 WIB
Ilustrasi bendera merah putih, merah putih, Indonesia ShutterstockIlustrasi bendera merah putih, merah putih, Indonesia
|

KOMPAS.com - Media sosial tengah diramaiakan pembicaraan mengenai parodi lagu Indonesia Raya yang diunggah akun YouTube MY Asean. Akun tersebut berlogo bendera Malaysia.

Akibat hal ini tagar #IndonesiaRaya menjadi trending di Twitter pada Senin (28/12/2020). Setidaknya 409 ribu pengguna Twitter menggunakan kata kunci tersebut.

Selain itu, tagar #Malaysia juga dibicarakan lebih dari 391 ribu pengguna.

Beragam tanggapan warganet di Twitter muncul terkait parodi ini. Banyak yang mengecam atas aksi parodi lagu kebangsaan Indonesia.

"It's not funny!
RESPECT FOR INDONESIA RAYA SONGS AND INDONESIAN HOMELAND !

#IndonesiaRaya #Malaysia" tulis akun @lanaRosi_.

Baca juga: Malaysia Selidiki Video yang Menghina Lagu Kebangsaan Indonesia

Terkait hal itu, Koordinator Fungsi Pensosboed KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar mengimbau agar masyarakat Indonesia menahan diri.

"Kita minta sama-sama menahan diri. Tentunya ini kan lagu kebangsaan kita, sangat kita hormati sebagai lagu kebangsaan, tapi di satu sisi kita juga harus melihat jika ini direspons (otoritas Malaysia) dengan cepat ya, kita beri apresiasi," ujar Yoshi saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Ia meminta agar masyarakat bisa melihat hal ini dalam prosedur koridor kerangka hukum setempat yang tengah dijalankan.

Yoshi menjelaskan pihak KBRI Malaysia telah melaporkan parodi lagu Indonesia Raya tersebut ke pihak berwajib setempat, yakni Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X