Kompas.com - 26/12/2020, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Ratusan juta orang di seluruh dunia merayakan Natal pada Jumat (25/12/2020) di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Dalam kesempatan Natal kali ini, pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus menggambarkan kehadiran vaksin sebagai secercah harapan dalam periode kegelapan dan ketidakpastian.

Karenanya, ia menyerukan agar vaksin Covid-19 dapat diakses oleh semua orang.

Hal itu agar pandemi virus corona yang berlangsung sepanjang tahun 2020 ini bisa segera berakhir. 

Baca juga: Pesan Natal Paus Fransiskus: Vaksin untuk Semua, Bekerja Sama Jangan Bersaing

Vaksin dan harapan

Paus Fransiskus memberikan pemberkatan Urbi et Orbi pada hari Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Jumat (25/12/2020).VATICAN MEDIA via AP Paus Fransiskus memberikan pemberkatan Urbi et Orbi pada hari Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Jumat (25/12/2020).

Meski virus corona telah merenggut lebih dari 1,7 juta nyawa, tetapi peluncuran vaksin baru-baru ini telah meningkatkan harapan.

Seperti banyak orang di seluruh dunia, Paus dipaksa untuk memutus tradisi Natal dan mengadakan pidato tahunan "Urbi et Orbi" melalui video dari Istana Apostolik, Vatikan.

Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya kerumunan di Lapangan Santo Petrus.

"Saya menyerukan kepada semua orang, para pemimpin negara, pada bisnis, pada organisasi internasional, untuk mempromosikan kerja sama dan bukan persaingan, untuk menemukan solusi bagi semua orang, yaitu vaksin untuk semua," kata dia, dikutip dari AFP, Kamis (24/12/2020).

Ratu Elizabeth mengenakan mantel merah muda dan bros emas bertahktakan berlian dan ruby.Hasil tangkap layar People Ratu Elizabeth mengenakan mantel merah muda dan bros emas bertahktakan berlian dan ruby.

Sementara itu, Ratu Elizabeth II dalam pidato Natal tahunannya berbicara tentang harapan selama masa-masa sulit dan tak terduga.

Bagi banyak orang, menurutnya sepanjang tahun ini akan diwarnai dengan kesedihan.

Beberapa berduka atas kehilangan orang-orang yang mereka sayangi, dan yang lainnya merindukan teman serta anggota keluarga yang jauh demi keselamatan.

"Padahal yang mereka inginkan untuk Natal hanyalah pelukan," kata Ratu Elizabeth II.

Baca juga: Pohon Natal 6,1 Meter Temani Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip di Windsor Castle

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.