Sebarkan Misinformasi, Akun Koki Australia Pete Evans Dihapus Facebook

Kompas.com - 26/12/2020, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Facebook telah menghapus akun koki selebriti Australia Pete Evans karena berulang kali membagikan informasi yang salah tentang virus corona.

Evans menyebarkan teori konspirasi tentang Covid-19 dan vaksin yang dibantah oleh para ahli medis, serta klaim salah soal jaringan 5G.

Dilansir dari Reuters, Evans juga mendesak orang untuk tidak menjalani tes Covid-19 dan menerima vaksin Covid-19. Narasi-narasi itu dimuat di akun Facebook-nya yang memiliki sekitar 1,5 juta pengikut.

Sebelumnya, Facebook menghapus posting Evans yang dianggap misinformasi. Kali ini, tepatnya pada Kamis (24/12/2020), Facebook memutuskan untuk menghapus akun juri acara memasak Australia My Kitchen Rules itu karena melakukan pelanggaran berulang terhadap kebijakan Facebook.

"Kami tidak mengizinkan siapa pun untuk membagi informasi yang salah tentang Covid-19 yang dapat menyebabkan kerusakan fisik yang akan segera terjadi atau (tentang) vaksin Covid-19 yang telah dibantah para ahli kesehatan," kata Facebook, dikutip dari BBC, Kamis (24/12/2020).

Di Instagram, Evans memiliki 278.000 pengikut. Saat ini, akun tersebut sudah tidak ada.

Pekan ini, Evans mengedarkan posting di akun Instagram-nya mengenai rasa senangnya karena menjadi salah satu katalisator percakapan tentang topik yang begitu penting, seperti kebebasan berbicara.

Banyak penggemar Evans mengungkapkan kekesalannya atas keputusan Facebook ini.

Sebelum akun Evans dihapus, Facebook telah menghapus akun grup yang telah menyebarkan kebohongan seputar vaksin virus corona di Israel. Langkah ini diambil Facebook atas permintaan pemerintah Israel.

Dimulainya distribusi vaksin Covid-19 dan vaksinasi di dunia memicu Facebook untuk menerapkan kebijakan baru dalam bentuk menghapus klaim palsu soal vaksin Covid-19 yang telah dibantah ahli kesehatan. Kebijakan ini selain diterapkan di Facebook, juga berlaku di Instagram.

Baca juga: Facebook Hapus Konten Palsu Vaksin Virus Corona di Israel

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.