Sinovac di Brazil Diklaim Efektif Lebih dari 50 Persen, Sudah Amankah untuk Vaksin Covid-19?

Kompas.com - 24/12/2020, 13:32 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer 90 persen efektif berdasarkan pengamatan dari sekitar 43.000 relawan di Amerika Serikat (AS), hanya 94 orang yang terkonfirmasi Covid-19, sejak pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 atau plasebo. SHUTTERSTOCK/Blue Planet StudioIlustrasi vaksin Pfizer 90 persen efektif berdasarkan pengamatan dari sekitar 43.000 relawan di Amerika Serikat (AS), hanya 94 orang yang terkonfirmasi Covid-19, sejak pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 atau plasebo.

KOMPAS.com - Brazil telah mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 buatan China, Sinovac, memiliki tingkat efektivitas lebih dari 50 persen.

Namun, Sinovac meminta untuk menunda rilis data kemanjuran vaksin yang tepat hingga 15 hari mendatang.

Brazil merupakan negara pertama yang menyelesaikan uji coba tahap akhir vaksin Sinovac.

Sebenarnya, berapa batas minimal efektivitas vaksin Covid-19 yang harus dicapai sehingga aman digunakan?

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengatakan, angka efektivitas minimal yang harus dicapai pengembang vaksin Covid-19 adalah 50 persen.

Hal itu berdasarkan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada awal tahun ini.

Akan tetapi, Dicky menyebutkan, angka efektivitas Sinovac tersebut belum final, karena harus dikompilasi dengan hasil dari uji coba di Indonesia, Turki, dan China.

"Hasil Sinovac ini masih belum final, karena harus dikompilasi data di center, Indonesia, Turki, Brazil, dan juga China," kata Dicky kepada Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

"Tapi untuk threshold itu di 50 persen, saya kira itu bakal terpenuhi," ujar dia.

Baca juga: Diklaim Efektif di Atas 50 Persen, Hasil Uji Coba Vaksin Sinovac Dinilai Tak Transparan

Ideal dan lebih aman di atas 70 persen

Dengan situasi saat ini, khususnya setelah muncul strain baru Covid-19, menurut Dicky, akan lebih ideal dan lebih aman di atas 70 persen.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X