Benarkah Tsunami Rawan Terjadi di Bulan Desember?

Kompas.com - 23/12/2020, 15:05 WIB
Gelombang tsunami menghantam Kota Miyako di Prefektur Iwate setelah gempa 9,0 magnitudo mengguncang wilayah Tohoku, 11 Maret 2011. HO NEW/REUTERSGelombang tsunami menghantam Kota Miyako di Prefektur Iwate setelah gempa 9,0 magnitudo mengguncang wilayah Tohoku, 11 Maret 2011.

KOMPAS.com - Indonesia sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan dan secara geografis juga dilintasi oleh Cincin Api Pasifik, membuatnya rentan terhadap sejumlah bencana alam mulai dari gempa bumi, gunung meletus, hingga tsunami.

Berbicara soal tsunami, sejumlah daerah di Indonesia pernah diterjang tsunami beberapa kali, di antaranya yakni tsunami Aceh (2004), tsunami Palu (2018), dan tsunami Selat Sunda (2018).

Dua dari tiga tsunami tersebut terjadi di bulan Desember.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa dan Tsunami yang Senyap di Mentawai

 

Tsunami Aceh pada 16 Desember 2004 dan Tsunami Banten pada 22 Desember 2020.

Tidak hanya itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono juga pernah mengunggah di Twitter pribadinya bahwa ada 12 kejadian tsunami destruktif di Indonesia yang tercatat terjadi di bulan Desember.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tsunami Terjang Pantai Banten hingga Lampung, 437 Orang Meninggal

Baca juga: Ramai soal Riset ITB, Berikut Tanda dan Hal-hal yang Perlu Dilakukan Saat Terjadi Tsunami...

Oleh karena itu, tidak heran jika kemudian ada masyarakat yang mengkait-kaitkan antara bulan Desember sebagai waktu potensial terjadinya tsunami.

Salah satunya disampaikan akun @cupexpert.

"Antara tgl 20 Desember sampai tahun baru biasanya bukan suka cita yang dirasakan dengan cara pergi liburan atau bersenang-senang. Tapi ini tanggal kewaspadaan dan kengerian karena bencana tsunami Aceh sampai Banten terjadi pada tanggal sekarang2 ini," tulis dia.

Baca juga: Menilik NYIA, Bandara Pertama yang Diklaim Tahan Gempa dan Tsunami

Namun, benarkah Desember menjadi waktu potensial terjadinya tsunami?

Data tsunami

Foto : Saat para penyelam membentang bendera Merah Putih di patahan tsunami tahun 1992 teluk Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Senin (17/8/2020). Dokumen Maumere Diver Community Foto : Saat para penyelam membentang bendera Merah Putih di patahan tsunami tahun 1992 teluk Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Senin (17/8/2020). 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X