Pemberitaan Media Asing soal Reshuffle Kabinet, Mantan Menkes Terawan Paling Disorot

Kompas.com - 23/12/2020, 14:05 WIB
Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto memberisambutan saat pemulangan anak buah kapal (ABK) World Dream yang diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu terkait virus corona, di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Sebanyak 188 anak buah kapal diangkut menggunakan KRI Semarang dari Pulau Sebaru Kecil untuk dipulangkan ke keluarga masing-masing. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto memberisambutan saat pemulangan anak buah kapal (ABK) World Dream yang diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu terkait virus corona, di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Sebanyak 188 anak buah kapal diangkut menggunakan KRI Semarang dari Pulau Sebaru Kecil untuk dipulangkan ke keluarga masing-masing.

KOMPAS.com - Perombakan kabinet atau reshuffle yang dilakukan Presiden Joko Widodo menjadi topik yang hangat dibicarakan, tak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri.

Media-media asing di Asia hingga Amerika Serikat menurunkan pemberitaannya terkait reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Banyaknya kasus Covid-19 di Indonesia membuat banyak media asing mengarahkan fokusnya pada pergantian posisi menteri kesehatan dan kurang menaruh antensi pada pergantian menteri lainnya.

Baca juga: Letjen TNI Herindra Didapuk Jadi Wamenhan, Ini Tanda Jasa dan Brevet yang Pernah Diraih

Selain itu isu reshuffle sejak bulan Juni 2020 juga telah tercium media luar dan momen reshuffle kali ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh publik mancanegara.

Berikut ini pemberitaan beberapa media asing tentang reshuffle Kabinet Indonesia Maju:

1. Straits Times

Media Straits Times menurunkan beberapa berita terkait reshuffle kabinet mulai dari perkiraan kapan reshuffle dilakukan, pengumuman saat pergantian, hingga profil 6 menteri baru.

Salah satunya berjudul "Indonesia's President Joko replaces six ministers in Cabinet reshuffle" yang diterbitkan pada Selasa (22/12/2020).

Perombakan kabinet disebutkan menurut para analis bertujuan untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik dan membawa negara keluar dari pandemi Covid-19.

Media Singapura itu juga mengatakan perombakan kementerian sudah lama tertunda. Budi Gunadi Sadikin disebutkan pertama kali dalam berita, kemudian Sandiaga Uno dan kemudian menteri lainnya.

Straits Times mengambil komentar Presiden Jokowi dari Facebook.

Baca juga: Menkes Baru Bukan dari Ahli Kesehatan, Epidemiolog: PR-nya Besar, Akan Semakin Berat

Dituliskan bahwa Jokowi telah mengancam akan adanya reshuffle sejak bulan Juni ketika dia menegur para menterinya soal penanganan pandemi Covid-19.

"Mantan bankir berusia 56 tahun (Budi), yang terdaftar sebagai salah satu The Straits Times 50 Asians to Watch pada 2018, dikenal memiliki keterampilan manajemen yang kuat, yang mungkin berharga saat menangani masalah seperti pencairan anggaran kesehatan dan distribusi sumber daya kesehatan," tulis Straits Times.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X