6 Menteri Baru Dilantik, Siapa yang Memiliki Kekayaan Terbanyak?

Kompas.com - 23/12/2020, 09:26 WIB
Kolase foto enam menteri baru yang baru saja diumumkan Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020). Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri atas), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah atas), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kanan atas), Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kiri bawah), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah bawah), dan Menteri Kelautan dan Perikanan sakti Wahyu Trenggono (kanan bawah). KOMPAS.com/GHINAN SALMAN/RAKHMAT NUR HAKIM/JESSI CARINA/PUTRA PRIMA PERDANA/KRISTIANTO PURNOMO dan ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANKolase foto enam menteri baru yang baru saja diumumkan Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020). Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri atas), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah atas), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kanan atas), Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kiri bawah), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah bawah), dan Menteri Kelautan dan Perikanan sakti Wahyu Trenggono (kanan bawah).

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melantik 6 menteri barunya pada Rabu (23/12/2020). Mereka telah diperkenalkan kepada publik sehari sebelumnya, (22/12/2020).

Keenamnya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno; Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas; Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Siapa yang memiliki kekayaan terbanyak?

Baca juga: Jokowi Ganti 6 Menteri, Berikut Riwayat Reshuffle Kabinet sejak Periode Pertama

Berikut ini harta kekayaan para menteri baru Kabinet Indonesia Maju dilansir laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN):

1. Sandiaga Uno

Sandiaga Salahudin Uno atau akrab disapa Sandiaga Uno ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. 

Menurut data LHKPN yang disampaikan Sandiaga pada 13 Agustus 2018, total kekayaannya mencapai Rp5 triliun, tepatnya Rp 5.099.960.524.965. Jumlah itu adalah saat dia menjadi calon wakil presiden pada Pemilu 2019.

Kekayaannya terbanyak ada di kategori surat-surat berharga yakni Rp 4.707.615.685.758.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga memiliki 15 tanah dan bangunan senilai total Rp 191.644.398.989.

Tanah dan bangunan milik Sandiaga itu tersebar di sejumlah lokasi, antara lain di Jakarta Selatan, Tangerang, Singapura, Washington, Boston, dan New York. Selain itu dia juga masih memiliki kekayaan di kategori lainnya.

Baca juga: Sosok Yaqut Cholil Qoumas, Ketum GP Ansor yang Ditunjuk Jadi Menteri Agama

2. Tri Rismaharini

Presiden RI Joko Widodo menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang terjerat kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X