Foto Viral Pak Yono, Tukang Bersih-bersih Keliling di Jawa Timur, Berikut Kisah Lengkapnya...

Kompas.com - 22/12/2020, 11:05 WIB
Tangkapan layar unggahan yang menampilkan foto tukang bersih-bersih keliling bernama Pak Yono. FACEBOOK/SINYOTangkapan layar unggahan yang menampilkan foto tukang bersih-bersih keliling bernama Pak Yono.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menampilkan foto tukang bersih-bersih keliling bernama Pak Yono baru-baru ini ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Sinyo pada Minggu, 20 Desember 2020.

Dalam unggahannya, tampak sebuah foto dari seorang pria yang diketahui bernama Pak Yono beserta peralatan bersih-bersih dan sepeda ontel yang ia gunakan untuk berkeliling.

"buat arek arek Jawa Timur. khususnya sidoarjo. klo ada yg kotor-kotor bisa tlp Bpk ini. sama sama kita bantu sampek sukses. amin. cuma bisa bantu share aja ni," tulis akun Facebook Sinyo.

Baca juga: 6 Daerah yang Terapkan Wajib Dokumen Rapid Test Antigen, Mana Saja?

Tangkapan layar unggahan yang menampilkan foto tukang bersih-bersih keliling bernama Pak Yono.FACEBOOK/SINYO Tangkapan layar unggahan yang menampilkan foto tukang bersih-bersih keliling bernama Pak Yono.

Hingga Selasa (22/12/2020) siang, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 300 kali dan mendapat banyak komentar dari sesama warganet.

Baca juga: Ramai Topik soal Rapid Antigen, Apakah Sama dengan Swab Antigen?

Berikut kisah selengkapnya tentang sosok Pak Yono:

Tinggal seorang diri

Kompas.com menghubungi Pak Yono secara langsung guna membagikan kisah hidupnya selama ini.

Yono mengungkapkan, dirinya hanya tinggal seorang diri di Sidoarjo, Jawa Timur.

Sementara itu, anggota keluarganya yang lain tidak tinggal bersama dia, tetapi tinggal di Pare, Kediri, Jawa Timur.

"Keluarga ada di Kediri, ya istilahnya saya merantau dan sudah betah di Sidoarjo ini," ujar Yono saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (22/12/2020).

Dia juga menceritakan kegiatannya sehari-hari dalam mencari nafkah untuk dirinya sendiri dan keluarganya.

Baca juga: Foto Viral Awan Melingkar Mirip Cincin di Kediri, Awan Apa Itu?

Jasa bersih-bersih keliling

Sehari-hari, pria berusia 49 tahun ini berkeliling untuk menawarkan jasa bersih-bersih dengan mengayuh sepeda ontel miliknya.

"Kalau untuk keseharian saya, setiap hari ya menawarkan jasa saya sebagai tukang bersih-bersih rumah, kantor, dan ruko dengan naik sepeda pancal," ucapnya.

Pekerjaan ini, lanjut Yono, sudah ia tekuni setidaknya dalam dua tahun belakangan.

Sebelum menjadi tukang bersih-bersih, Yono mengaku pernah menjadi penarik becak di Sidoarjo.

Selain itu, dia juga pernah menjadi penjual peci keliling. Tetapi, hasilnya dirasa tidak dapat menutupi kebutuhannya sehari-hari.

"Sebelum jadi tukang bersih-bersih, saya kerja narik becak, tapi lama-lama sepi, habis itu saya jualan peci ikut orang, hasilnya juga enggak nutut," kata Yono, yang enggan menyebutkan nama lengkapnya tersebut.

Baca juga: Viral, Video Bocah Ngamuk dan Banting Motor Saat Akan Ditilang Polisi di Kalsel

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X