Cerita dan Wejangan dari Tri Mumpuni, Tokoh Muslim Berpengaruh Bidang Saintek di Dunia

Kompas.com - 21/12/2020, 11:37 WIB
Tri Mumpuni KOMPAS.com/RENI SUSANTITri Mumpuni

KOMPAS.com - Salah seorang perempuan Indonesia baru saja mendapatkan penghargaan dari dunia internasional. Namanya tercatat sebagai 1 dari 22 tokoh muslim berpengaruh di dunia.

Dia adalah Tri Mumpuni, satu-satunya orang yang mewakili Indonesia dalam 22 Most Influential Muslim 2021 in Science and Technology.

Perempuan kelahiran Semarang, 6 Agustus 1964, ini selama 15 tahun terakhir berupaya menghadirkan listrik di puluhan desa terpencil di Indonesia.

Ia mengembangkan pembangkit listrik menggunakan energi mikro-hidro.

Setidaknya, sudah ada 65 desa di seluruh Indonesia dan sebuah desa di Filipina yang menikmati listrik berkat pengabdian perempuan yang akrab disapa Puni itu.

Atas prestasi yang membanggakan itu, Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat secara khusus dengan mengunggah berita bahagia tersebut di akun-akun media sosialnnya.

Salah satunya melalui akun Instagram @jokowi pada Minggu (20/12/2020).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jokowi Bangga Ilmuwan Tri Mumpuni dan Adi Utarini Dapat Pengakuan Dunia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Puni sudah kerap menerima penghargaan dari dunia internasional terkait pengabdiannya kepada masyarakat.

Di antaranya Climate Hero 2005 dari World Wildlife for Nature, Ashden Awards 2012, Magsaysay Awards 2012, dan ASEAN Social Impact Awards 2018.

Baca juga: Mengenal Sosok Tri Mumpuni, Pecinta Desa yang Jadi Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Arti penghargaan bagi Puni

Kompas.com pun berbincang dengan Puni terkait prestasinya tersebut. Bagi Puni, penghargaan bukan sebuah hadiah, melaikan peringatan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X