Studi: Konsumsi Kacang dalam 14 Minggu Tingkatkan Kualitas Sperma

Kompas.com - 20/12/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi kacang. SHUTTERSTOCK / Krzysztof SlusarczykIlustrasi kacang.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Menjaga makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesuburan, baik pria maupun wanita.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Andrology menemukan, mengonsumsi kacang-kacangan berpengaruh terhadap kualitas sperma dalam waktu 14 minggu.

Dilansir Times of India, studi dipimpin para peneliti dari Unit Nutrisi Manusia dari Universitat Rovira i Virgili di Tarragona, Spanyol. Penelitian melibatkan 72 orang pria sehat berusia 18-35 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama tidak mengubah makanan yang dikonsumsi. Sedangkan, kelompok kedua menjalankan diet dengan tinggi daging merah, makanan olahan, dan gula.

Kelompok kedua diminta memadukan 60 gram kacang setiap harinya selama 14 minggu. Sementara, 24 orang lainnya tetap melanjutkan gaya hidup biasanya.

Pada akhir percobaan, ditemukan bukti bahwa kacang-kacangan berdampak pada metilasi DNA sperma.

Baca juga: Menyimpan Ponsel di Saku Celana Bisa Menurunkan Kualitas Sperma?

Diberitakan Daily Mail, penelitian tersebut menunjukkan, keberadaan kacang dalam menu yang dikonsumsi selama 14 minggu secara signifikan meningkatkan jumlah sperma, viabilitas, motilitas (kemampuan bergerak sendiri), dan morfologi (panjang kepala dan ekor).

Kacang

Lebih lanjut, kacang mengandung asam lemak omega-3, antioksidan, dan vitamin B folat yang dikaitkan dengan lebih sedikit kelainan sperma.

Studi ini menjadi indikator bahwa kacang-kacangan dapat memodulasi kesuburan pria dan berpengaruh pada epigenetik sperma, yang berkaitan dengan perubahan ekspresi gen.

"Ini menunjukkan ada beberapa daerah sensitif  dari epigenom sperma merespons makanan yang dikonsumsi, yang dapat mengakibatkan perubahan pada sperma dan kemampuannya untuk membuahi," kata penulis studi Albert Salas-Huetos.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X