Angkutan Natal dan Tahun Baru, KAI Belum Syaratkan Rapid Test Antigen

Kompas.com - 20/12/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi kereta api. KAI.IDIlustrasi kereta api.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) belum menggunakan rapid test antigen virus corona dalam syarat perjalanan kereta api (KA) jarak jauh selama operasi angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan lebih lanjut dari pemerintah terkait syarat rapid test antigen bagi penumpang KA jarak jauh.

"KAI masih mengacu ke Surat Edaran (SE) Kemenenterian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 dan SE 9 Gugus Tugas Covid-19 tanggal 26 Juni 2020," kata Didiek dalam siaran persnya, Minggu (20/12/2020).

Oleh karena itu, masyarakat yang akan menggunakan KA jarak jauh masih wajib untuk menunjukkan surat bebas Covid-19, baik tes PCR atau rapid test antibodi.

Dokumen tersebut berlaku 14 hari sejak diterbitkan.

Selain tes PCR dan rapid test antibodi, masyarakat juga dapat memakai surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan dokter rumah sakit atau Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan/atau rapid test antibodi.

Baca juga: KAI Belum Wajibkan Rapid Test Antigen untuk Perjalanan Kereta Jarak Jauh

PT KAI membuka fasilitas rapid test antibodi di sejumlah stasiun di berbagai daerah.

Didiek mengimbau masyarakat yang akan menggunakan layanan rapid test di stasiun agar melakukannya sehari sebelum perjalanan, untuk menghindari keterlambatan.

"Untuk peningkatan pelayanan dan antisipasi antrean layanan rapid test antibodi di stasiun, KAI akan menambah petugas pelayanan rapid test di stasiun yang peminatnya tinggi seperti Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan lainnya," ujar dia.

Didiek menegaskan, masyarakat agar mendapatkan surat bebas Covid-19 dari instansi yang terpercaya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X