Kompas.com - 20/12/2020, 15:29 WIB
Ilustras pandemi Covid-19 di Taiwan ShutterstockIlustras pandemi Covid-19 di Taiwan

KOMPAS.com - Pusat Komando Epidemi Taiwan atau The Central Epidemic Command Center (CECC) menangguhkan kedatangan pekerja migran dari Indonesia sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Hal itu disampaikan pada Rabu (16/12/2020).

CECC menyebutkan, alasan kebijakan ini karena Indonesia dinilai tidak dapat meningkatkan keakuratan hasil tes Covid-19.

Dilansir dari FocusTaiwan, 16 Desember 2020, penangguhan sementara ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang tinggi di Indonesia sejak 4 Desember 2020.

Menurut Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan sekaligus pimpinan CECC, Chen Shih-chung, penyebaran virus di Indonesia belum mereda, bahkan penambahan kasus harian mencapai 6.000 kasus.

Alasan lain di balik keputusan penangguhan ini karena ada 11 pekerja dari Indonesia yang positif Covid-19 di Taiwan pada Oktober 2020.

Chen mengatakan, dua dari 11 orang tersebut memiliki bukti hasil tes negatif Covid-19 yang dikeluarkan di Indonesia dalam waktu tiga hari setelah penerbangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selainitu, 32 dari 40 WNI yang dites positif Covid-19 di Taiwan membawa bukti hasil tes negatif Covid-19 yang dikeluarkan dalam tiga hari setelah penerbangan mereka pada 1-15 Desember 2020.

Shih-chung mengatakan, CECC dan kantor perwakilan Taiwan di Indonesia telah berkomunikasi dengan pihak berwenang Indonesia tentang masalah ini. 

Akan tetapi, belum ada kemajuan terhadap permintaan Taiwan agar Indonesia meningkatkan akurasi hasil pengujiannya.

Baca juga: Mulai 4 Desember, Taiwan Larang Masuk Pekerja Migran dari Indonesia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.