Sampai Kapan Penetapan NIP untuk CPNS 2019 Dijadwalkan? Ini Penjelasan BKN

Kompas.com - 17/12/2020, 15:31 WIB
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

KOMPAS.com - Proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah selesai. Kendati demikian, belum semua kementerian/lembaga selesai mengusulkan dan menetapkan NIP.

NIP atau Nomor Induk Pegawai merupakan nomor yang diberikan kepada PNS sebagai identitas yang memuat tahun, bulan, dan tanggal lahir, serta tahun dan bulan pengangkatan pertama sebagai CPNS, jenis kelamin dan nomor urut.

Sebelumnya diberitakan bahwa pengusulan NIP ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) diterima paling lambat 30 November 2020.

Dengan begitu Terhitung Mulai Tanggal (TMT) CPNS 2019 dapat ditetapkan per 1 Desember 2020. Namun belum semua instansi selesai usul dan menetapkan NIP para CPNS baru tersebut.

Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Beda antara PNS dan ASN

Lantas sampai kapan penetapan NIP dilakukan?

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono membenarkan bahwa belum semua instansi selesai menetapkan NIP. Terkait batas waktunya, dia berharap bulan Desember sudah selesai.

"Diharapkan Desember ini penetapan NIP instansi oleh BKN selesai," katanya kepada Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Apabila penetapan NIP belum selesai, maka imbuhnya SK CPNS belum bisa diterbitkan.

Baca juga: Siapa PNS Pertama di Indonesia?

"Iya PPK instansi harus menerbitkan SK CPNS dan SPMT (Surat Perintah Melaksanakan Tugas)," katanya lagi.

Sebelumnya Paryono menjelaskan bahwa peserta yang lulus seleksi CPNS baru bisa mulai bekerja setelah mendapatkan SPMT.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X