Perbandingan Harga Rapid Test Antibodi, Antigen, dan PCR

Kompas.com - 17/12/2020, 15:03 WIB
Ilustrasi tes Covid-19 di rumah akhirnya mengantongi izin otorisasi darurat FDA. Tes virus corona berbasis swab atau usap ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah, diharapkan dapat menekan penyebaran infeksi. SHUTTERSTOCK/CryptographerIlustrasi tes Covid-19 di rumah akhirnya mengantongi izin otorisasi darurat FDA. Tes virus corona berbasis swab atau usap ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah, diharapkan dapat menekan penyebaran infeksi.

KOMPAS.com - Pemerintah kini mengganti syarat untuk bepergian ke luar kota, dari membawa hasil rapid test antibodi menjadi rapid test antigen.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan alasannya mengapa penumpang perlu melakukan rapid test antigen.

"Rapid test antigen ini memiliki sensitivitas yang lebih baik bila dibandingkan rapid test antibodi," kata Luhut dalam keterangan resminya yang dikutip pada Selasa (15/12/2020).

Syarat ini lebih dikhususkan bagi warga yang bepergian menggugnakan kereta api jarak jauh atau pesawat.

Baca juga: Kisaran Harga Rapid Test Antigen Covid-19 Bervariasi, Rp 350.000 hingga Rp 499.000

Berikut perbandingan harga antara rapid test antigen, antibodi, dan PCR.

Antigen

Bagi masyarakat yang ingin melakukan rapid test antigen, rata-rata memiliki harga pada kisaran Rp 375.000-Rp 700.000.

Di Rumah Sakit Universitas Indonesia, biaya pemeriksaan rapid test antigen adalah Rp 375.000 dengan rincian: biaya administrasi, Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan (opsional), dan add on rapid test antigen drive thru.

Sementara, di Bandara Soekarno-Hatta, rapid test antigen dikenakan biaya sebesar Rp 385.000.

Untuk seluruh cabang Rumah Sakit Siloam, tarif yang dipatok adalah Rp 499.000 hingga Rp 699.000. Harga tertinggi di RS Siloam ini sudah termasuk konsultasi dokter dan vitamin.

Di Omni Hospital Pulomas, biaya rapid test antigen mencapai Rp 575.000 dan Rp 700.000. Bedanya, harga yang lebih mahal mendapat layanan serologi.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui soal Rapid Test Antigen

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X