Kasus Infeksi Virus Corona Terdeteksi pada Hewan Liar di AS

Kompas.com - 15/12/2020, 16:25 WIB
Cerpelai yang difoto di dalam kandang peternakannya di Brumunddal, Norwegia, pada 1 Mei 2019. AFP/JONATHAN NACKSTRANDCerpelai yang difoto di dalam kandang peternakannya di Brumunddal, Norwegia, pada 1 Mei 2019.

KOMPAS.com - Virus corona untuk yang pertama kalinya dilaporkan menginfeksi pada hewan di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Utah. 

Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 itu disebutkan terdeteksi pada seekor cerpelai atau musang yang positif terjangkit Covid-19.

Dikutip dari Reuters, Selasa (15/12/2020), temuan itu dikonfirmasi Senin (14/12/2020) oleh Departemen Pertanian AS (USDA).

Mereka menyebut dalam sebuah pemberitahuan, cerpelai merupakan hewan liar yang ditemukan di sekitar peternakan yang terinfeksi di Utah, saat petugas melakukan pengawasan.

Baca juga: Wabah Covid-19 di Peternakan Cerpelai Kanada, Delapan Orang Terinfeksi

Hewan lain diperiksa

Beberapa hewan liar dari spesies lain yang berada di sekitar lokasi peternakan juga turut dijadikan sampel pemeriksaan. Namun semuanya menunjukkan hasil yang negatif dari Covid-19.

Temuan ini meningkatkan kecurigaan terhadap adanya penularan virus di hewan cerpelai, mengingat sejak Agustus lalu, belasan ribu cerpelai yang diternakkan di negara itu mati.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh ahli kedokteran hewan University of Surrey, Inggris,  Dr. Dan Horton.

"Strain virus yang terdeteksi di cerpelai liar identik dengan jenis yang ditemukan di cerpelai yang ada di peternakan yang terinfeksi. Dan sejauh ini tidak ada hewan lain yang dinyatakan positif meskipun ada upaya pengawasan di sekitar peternakan yang terinfeksi di beberapa wilayah AS," kata Horton, dikutip dari BBC, Selasa (15/12/2020).

USDA mengaku telah memberi tahu Badan Kesehatan Dunia (WHO) khusus yang menangani kesehatan hewan terkait dengan temuan ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X