Catat, Ini Daftar Fenomena Astronomi 16-22 Desember 2020

Kompas.com - 15/12/2020, 07:11 WIB
Ilustrasi planet di Tata Surya. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto. SHUTTERSTOCK/Vadim SadovskiIlustrasi planet di Tata Surya. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah fenomena antariksa terjadi dalam sepekan ke depan.

Berdasarkan informasi yang diunggah akun Instagram Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), pada 16 Desember-22 Desember 2020, ada sejumlah fenomena astronomi yang akan terjadi.

Salah satu fenomena istimewa terjadi pada 21 Desember 2020.

Fenomena itu adalah Konjungsi Agung antara Jupiter Saturnus yang terjadi pada 21 Desember 2020 pukul 18.30 WIB.

Konjungsi Agung disebut istimewa karena menggambarkan pertemuan antara dua planet di tata surya, yaitu Jupiter dan Saturnus yang bercincin indah.

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lapan, Andi Pangerang, menjelaskan, jika melihat fenomena Konjungsi Agung antara Jupiter dan Saturnus ini tanpa alat bantu, maka hanya akan terlihat sebagai satu titik besar berwarna putih.

"Oleh karena itu, harus menggunakan alat bantu untuk melihat keduanya secara terpisah", ujar Andi ketika dihubungi Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Malam Ini Ada Hujan Meteor Geminid, Cek Jadwal dan Cara Menyaksikannya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LAPAN (@lapan_ri)

Selengkapnya, berikut fenomena astronomi pada 16-22 Desember 2020:

Bulan Deklinasi Maksimum Selatan Bulan (16 Desember 2020)

Bulan akan berada pada deklinasi maksimum Selatan pada pukul 05.22.49 WIB Deklinasi maksimum Selatan bermakna bulan terletak pada posisi paling Selatan dari ekuator langit (sebagaimana solstis Desember pada Matahari)

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X