Berlaku Mulai Rabu hingga Januari 2021, Ini Aturan Lockdown di Jerman

Kompas.com - 13/12/2020, 21:38 WIB
Pidato Kanselir Angela Merkel di depan anggota parlemen Jerman pada Rabu (09/12), yang disebut oleh pakar penuh pesan personal dan emosional. DW IndonesiaPidato Kanselir Angela Merkel di depan anggota parlemen Jerman pada Rabu (09/12), yang disebut oleh pakar penuh pesan personal dan emosional.

KOMPAS.com - Kasus virus corona di Jerman melonjak drastis dalam beberapa hari terakhir.

Rekor harian Covid-19 di Jerman mencapai lebih dari 29.000 kasus per hari.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Jerman melakukan tindakan tegas untuk mencegah penyebaran virus meluas: lockdown. 

Dikutip dari DW (13/12/2020), Kanselir Jerman Angela merkel telah mengumumkan penutupan toko, sekolah, dan pusat penitipan anak menjelang Natal untuk membendung lonjakan kasus virus corona.

Aturan baru akan berlaku mulai Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Jelang Natal, Jerman Mulai Lockdown Parsial hingga 10 Januari Mendatang

Penutupan tempat-tempat umum

Kanselir Jerman Angela Merkel pada Minggu memerintahkan sebagian besar toko tutup mulai Rabu, bersama dengan sekolah dan pusat penitipan anak.

Pembatasan baru akan berlaku hingga setidaknya 10 Januari untuk membantu mengatasi gelombang kedua pandemi virus corona yang mengancam sistem kesehatan negara itu.

Dalam konferensi pers setelah pertemuan para pemimpin federal dan negara bagian, dia mengatakan pembatasan dilakukan untuk mengatasi peningkatan kasus eksponensial infeksi Covid-19.

Keputusan tersebut ditetapkan untuk menyebabkan gangguan besar bagi pengecer, sistem pendidikan dan masyarakat menjelang liburan Natal.

"Langkah-langkah yang kami mulai pada 2 November belum cukup. Sistem kesehatan berada di bawah tekanan berat dan tujuan kami selalu untuk menghindari kelebihan beban sistem perawatan kesehatan," kata Merkel dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan.

Warga Perancis mengantre untuk membeli rokok di Kehl, Jerman, pada Kamis 15 Oktober 2020. Antrean itu terjadi setelah Perancis mengumumkan bakal menerapkan jam malam selama sebulan guna menangkal Covid-19.AP PHOTO/Jean-Francois Badias Warga Perancis mengantre untuk membeli rokok di Kehl, Jerman, pada Kamis 15 Oktober 2020. Antrean itu terjadi setelah Perancis mengumumkan bakal menerapkan jam malam selama sebulan guna menangkal Covid-19.

Baca juga: Kasus Corona Melonjak Tinggi, Jerman Akan Lockdown hingga Januari 2021

Apa saja aturan baru lockdown di Jerman?

  1. Semua toko dan layanan non-esensial akan tutup hingga 10 Januari
  2. Sekolah dihimbau untuk memulangkan siswanya dan melanjutkan pelajaran secara online serta memperpanjang liburan Natal hingga 10 Januari 2021.
  3. Pusat penitipan anak juga akan ditutup, tetapi orang tua dapat mengambil hari libur berbayar untuk menjaga anak-anak mereka.
  4. Pengusaha didorong untuk mengizinkan karyawan bekerja dari rumah.
  5. Acara keagamaan di gereja, sinagog, dan masjid dapat berlangsung jika mengikuti aturan kebersihan, tetapi nyanyian bersama tidak diperbolehkan.
  6. Negara bagian masih berencana untuk melonggarkan pembatasan kontak yang lebih ketat untuk tanggal 24 hingga 26 Desember sehingga anggota keluarga dekat dapat menghabiskan Natal bersama. Hanya dibolehkan mengundang hingga empat orang dewasa dari rumah tangga lain tetapi hanya dari keluarga dekat, ditambah sejumlah dari anak di bawah 14 tahun.
  7. Orang tidak boleh membeli kembang api untuk Malam Tahun Baru.
  8. Kanselir juga merekomendasikan agar keluarga yang berencana bertemu harus mengisolasi diri selama seminggu sebelumnya agar aman.

Baca juga: Rekor Kasus Harian Tembus 1.000, Korsel Lakukan Tes Massal di 150 Titik Kota Seoul

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X