Tak Semua SIM Syaratkan Usia Minimal 17 Tahun, Simak Penjelasannya

Kompas.com - 13/12/2020, 09:30 WIB
Ilustrasi : Petugas ruang Simulator Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi : Petugas ruang Simulator Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com - Surat Ijin Mengemudi (SIM) adalah surat bukti yang menandakan pemegangnya memiliki kecakapan untuk mengemudikan kendaraan bermotor di jalan.

SIM berbentuk kartu ini diterbitkan Polri untuk pengemudi yang memenuhi syarat untuk mendapatkannya.

Beberapa syarat untuk mendapatkan SIM antara lain, syarat administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Selain itu, syarat lain yang harus dipenuhi adalah usia. Secara umum, seseorang harus berusia 17 tahun sebelum bisa mengajukan pembuatan SIM.

Namun, ternyata ada beberapa jenis SIM yang tidak mensyaratkan usia minimal 17 tahun untuk mendapatkannya.

Baca juga: Bisakah Membuat SIM di Luar Daerah Domisili?

Syarat usia untuk mendapatkan SIM

Dikutip dari Pasal 25 Peraturan Kapolri No. 9 Tahun 2012 tentang Surat Ijin Mengemudi, berikut adalah persyaratan usia minimal untuk mendapatkan SIM:

  • Berusia 17 tahun untuk SIM A, SIM C, dan SIM D
  • Berusia 20 tahun untuk SIM B I
  • Berusia 21 tahun untuk SIM B II
  • Berusia 20 tahun untuk SIM A Umum
  • Berusia 22 tahun untuk SIM B I Umum
  • Berusia 23 tahun untuk SIM B II Umum

Dikutip dari Pasal 5 ayat 2, SIM dibagi menjadi dua golongan, yakni SIM perseorangan (Pasal 7) dan SIM umum (Pasal 8). Berikut rinciannya:

1. SIM perseorangan 

  • SIM A, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah berat yang diperbolehkan paling tinggi 3.500 kilogram berupa mobil penumpang perseorangan dan mobil barang perseorangan.
  • SIM B I, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kilogram berupa mobil bus perseorangan dan mobil barang perseorangan.
  • SIM B II, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor berupa kendaraan alat berat, kendaraan penarik, dan kendaraan dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kilogram.
  • SIM C, berlaku untuk mengemudikan sepeda motor, terdiri atas SIM C untuk kapasitas silinder maksimum 250 cc, 250-750 cc, dan di atas 750 cc.
  • SIM D, berlaku untuk mengemudi kendaraan bermotor khusus bagi penyandang disabilitas.

2. SIM umum

  • SIM A Umum, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kilogram berupa: mobil penumpang umum dan mobil barang umum.
  • SIM B I Umum, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kilogram berupa: mobil penumpang umum dan mobil barang umum.
  • SIM B II Umum, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor berupa: kendaraan penarik umum dan kendaraan dengan menarik kereta tempelan atau gandengan umum dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kilogram.

Baca juga: SIM Hilang Tak Perlu Bikin Baru Lagi, Ini Syaratnya

Soal syarat usia membuat SIM

Dikutip dari Kompas.com, 7 Juni 2020, seseorang bisa memiliki SIM saat usianya 17 tahun. Pada saat itu, dia berhak untuk mengajukan pembuatan SIM A, C, atau D.

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X