Amerika Serikat Mulai Vaksinasi Covid-19 pada Senin, 14 Desember 2020

Kompas.com - 13/12/2020, 07:51 WIB
Ilustrasi vaksin, vaksin virus corona, vaksin Covid-19 Shutterstock/ChinnapongIlustrasi vaksin, vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Setelah menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech, Amerika Serikat kini bersiap memulai program vaksinasi.

Dilansir BBC, Minggu (13/12/2020), otoritas AS berencana memulai vaksinasi pada Senin (14/12/2020).

Pemerintah AS pun siap mendistribusikan tiga juta dosis vaksin virus corona Pfizer-BioNTech ke seluruh negara bagian pada pekan ini.

Gustave Perna, penanggung jawab program vaksinasi Operation Warp Speed, memastikan bahwa vaksin akan didistribusikan dengan aman.

"Saya sangat yakin, 100 persen, bahwa kami mampu mendistribusikan komoditas berharga ini dengan aman," kata Perna.

Perna mengatakan, distribusi vaksin virus corona akan dilakukan secara bertahap.

"Rencananya 145 titik di seluruh negara bagian akan menerima vaksin pada hari Senin, 425 titik lainnya pada hari Selasa, dan 66 titik terakhir pada hari Rabu," kata Perna.

Baca juga: Tak Hanya AS, Meksiko Juga Beri Izin Darurat Vaksin Covid-19 Pfizer

Prioritas untuk tenaga kesehatan

Perna mengatakan, tiga juta dosis yang akan selesai didistribusikan pada pekan ini merupakan bagian dari tahap awal vaksinasi Covid-19 di AS.

"Kami tidak akan berhenti sampai setiap warga Amerika mendapat akses vaksin," ujar Perna.

Otoritas kesehatan AS memprioritaskan petugas kesehatan dan penghuni panti jompo sebagai penerima vaksinasi tahap pertama.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X