Studi: Sepertiga Anak yang Positif Covid-19 Tak Menunjukkan Gejala

Kompas.com - 13/12/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi anak memakai masker SHUTTERSTOCK/FamVeldIlustrasi anak memakai masker

KOMPAS.com - Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada mengungkap sepertiga anak yang positif terinfeksi virus corona tak menunjukkan gejala.

Mengutip laman National Center for Biotechnology Information, 26 November 2020, studi tersebut melibatkan 2.463 anak yang dites Covid-19 antara 13 April hingga 30 September di Alberta.

Hasilnya, sebanyak 1.987 anak positif Covid-19 dan 476 anak negatif Covid-19.

Dari anak-anak yang positif itu, sebanyak 714 anak (35,9 persen) asimtomatik atau tanpa gejala.

Sementara itu, diberitakan Huffpost pada 4 Desember 2020, dua pertiga anak bergejala.

Gejala yang paling terkait erat dengan hasil usap SARS-CoV-2 positif adalah anosmia/ageusia, mual/muntah, sakit kepala, dan demam.

“Tidak memiliki gejala tidak berarti bahwa seorang anak aman dan tidak menularkan ke teman sekelas lainnya,” kata Dr Finlay McAlister, seorang ahli penyakit dalam dari Universitas Alberta, Edmonton dan salah satu penulis studi tersebut.

Baca juga: Studi: Faktor Genetik Memengaruhi Tingkat Keparahan Virus Corona

Menurutnya, hal itu menunjukkan pentingnya memakai masker, menjaga jarak secara sosial, sering mencuci tangan.

Dia menambahkan penelitian menunjukkan langkah-langkah skrining yang sering digunakan di sekolah dan tempat penitipan anak dapat mencegah sebagian besar anak-anak yang sebenarnya positif.

Temuan lainnya adalah kehilangan penciuman dan rasa tujuh kali lebih tinggi di antara anak-anak yang positif Covid-19, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X