Promo 12.12, Kenali Taktik yang Sering Bikin Orang Ketagihan Belanja

Kompas.com - 12/12/2020, 08:20 WIB
Ilustrasi belanja online ShutterstockIlustrasi belanja online

KOMPAS.com - Tren belanja online semakin digemari pada masa pandemi Covid-19 karena orang-orang menghindari kerumunan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan virus corona.

Di media sosial, banyak yang membagikan cerita bahwa mereka menjadi lebih boros sejak di rumah saja karena tergoda dengan berbagai promo belanja daring di berbagai marketplace. 

Hari ini, 12 Desember 2020, berbagai toko online maupun situs belanja online mengadakan promo 12.12.

Nah, agar belanja Anda tetap terkendali, penting mengenali sejumlah trik penjual yang bisa membuat Anda "gelap mata" saat berbelanja!

Kisah dari seorang perempuan Inggris ini mungkin bisa jadi pertimbangan bagi Anda agar membeli barang yang tengah dibutuhkan saat banyaknya berbagai penawaran diskon.

Mengutip The Guardian, 5 Desember 2020, seorang warga Inggris bernama Emily Ware mengaku menghabiskan banyak waktu dan uang untuk berbelanja online

Ware memiliki kebiasaan berperilaku impulsif dalam membelanjakan uangnya.

Ia sempat berutang sebanyak 4.250 poundsterling atau sekitar Rp 80.472.262 pada tahun 2020.

Uang tersebut digunakannya untuk membeli pakaian, mengunjungi pub, sampai membeli tiket pertunjukan/konser online. Bahkan, ia menghabiskan sekitar Rp 5,6 juta untuk menyaksikan konser Cher secara online. 

Belanja yang tak dibutuhkan

Menurut badan amal Money and Mental Health, satu dari delapan orang dewasa berbelanja barang secara online, meski mereka tidak membutuhkannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X