Tidak Serentak, Kapan Hasil Pilkada 2020 Resmi Diumumkan?

Kompas.com - 10/12/2020, 16:06 WIB
KPPS di TPS 06 Duku Tarusan, Pesisir Selatan melakukan penghitungan suara di Pilkada Sumbar, Rabu (9/12/2020) KOMPAS.COM/PERDANA PUTRAKPPS di TPS 06 Duku Tarusan, Pesisir Selatan melakukan penghitungan suara di Pilkada Sumbar, Rabu (9/12/2020)

KOMPAS.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tengah pandemi virus corona telah dilaksanakan serentak pada Rabu, 9 Desember 2020.

Pilkada serentak tersebut dilakukan di 270 wilayah di Indonesia, yang terdiri atas 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Berbagai lembaga telah mengumumkan hasil quick count sejak penghitungan suara dimulai pada Rabu siang.

Baca juga: Link Hasil Real Count Pilkada Serentak 2020 di 9 Provinsi dan Sejumlah Kabupaten/Kota

Lantas kapan hasil pilkada diumumkan?

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan pengumuman hasil pilkada tidak dilaksanakan serentak.

"Penetapan hasil pilkada lebih awal untuk kabupaten/kota daripada provinsi," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (10/12/2020).

Pengumuman soal hasil Pilkada 2020 tersebut, imbuhnya telah diatur sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilhan Umum Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Baca juga: Link dan Cara Mengetahui Hasil Real Count Pilkada Serentak 2020

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X