Daftar Lengkap 9 Kategori Penelusuran Trending di Google pada 2020, Apa Saja?

Kompas.com - 10/12/2020, 12:10 WIB
9 kategori penelusuran trending di Google Indonesia 2020. Google Indonesia9 kategori penelusuran trending di Google Indonesia 2020.

KOMPAS.com - Google baru-baru ini mengumumkan Year in Search 2020 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Daftar Year in Search 2020 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

"Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan. Namun, kita bisa melihat bahwa orang Indonesia tangguh dan terus maju menghadapi tantangan dan perubahan ini," kata Head
of Consumer Apps Marketing Google Indonesia, Fida Heyder dalam rilisnya, Rabu (9/12/2020).

"Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan beradaptasi, tapi kondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, mendorong kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan," imbuhnya.

Baca juga: 10 Pencarian Populer di Google Selama 2020

Tantangan baru

Tantangan baru yang muncul di tahun ini, menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tetapi berusaha memahami kabar terbaru.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai dari isu-isu nasional seperti "Omnibus Law", "Resesi", "Kartu Pra-Kerja", hingga "Odading" dan "WFH".

Fida menambahkan, penelusuran yang trending tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan.

Baca juga: Simak, Ini Cara Memilih dan Menggunakan Hand Sanitizer

Seperti contoh, kueri "cara membuat hand sanitizer", "cara mendaftar UKM online", "cara menjadi reseller", hingga "cara menjadi YouTuber pemula" adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Normal baru menggerakan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup.

Kueri seperti "Google Classroom", "apa itu kuota belajar", "cara masuk ke Google Classroom", hingga "sepeda lipat" termasuk di antara penelusuran yang jadi tren teratas di tahun ini.

Lalu, pertumbuhan minat pada hiburan dari Korea di Indonesia selama beberapa tahun ke belakang, tetapi uniknya, tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan dari hiburan Korea di banyak kategori mulai dari lagu, aktor/aktris, serial TV, hingga resep.

Baca juga: 5 Youtuber Terkaya di Dunia yang Mengelola Channel Game

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X