Kompas.com - 07/12/2020, 14:27 WIB
Ilustrasi bendera China. SHUTTERSTOCKIlustrasi bendera China.

KOMPAS.com - China menciptakan matahari buatan dengan reaktor HL-2M Tokamak yang dapat beroperasi hingga suhu 150 juta derajat celcius atau sepuluh kali lebih panas daripada matahari sesungguhnya.

Temuan ini berada di Provinsi Sichuan barat daya dan selesai pada akhir tahun lalu.

Reaktor ini sering disebut "matahari buatan" karena panas dan tenaga yang dihasilkannya sangat besar.

Mengutip South China Morning PostJumat (4/12/2020), China National Nuclear Corporation (CNNC) menyebutkan, temuan ini merupakan upaya untuk menggunakan energi yang lebih bersih melalui fusi nuklir yang terkendali.

Reaktor HL-2M Tokamak dapat mereplikasi cara matahari menghasilkan panas atau energi dengan cara menggunakan gas hidrogen dan deuterium sebagai bahan bakar.

France 24, Jumat (4/12/2020), memberitakan, reaktor HL-2M Tokamak menggunakan medan magnet kuat yang memadukan plasma panas hingga menghasilkan suhu yang sepuluh kali lebih tinggi daripada matahari.

Tujuan China mengembangkan teknologi fusi nuklir adalah dapat digunakan secara komersial dalam skala besar pada 2050.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, temuan tersebut merupakan hasil yang brilian dan setidaknya telah ada reaktor eksperimental pada 2021.

Para ilmuwan China telah bekerja mengembangkan versi yang lebih kecil dari reaktor fusi nuklir sejak 2006.

Selain China, The Korea Institute of Fusion Energy juga mengumumkan reaktornya yang mampu beroperasi hingga suhu 100 juta derajat celcius selama 20 detik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X