Kapsul Antariksa Jepang Mendarat di Australia Membawa Sampel Asteroid

Kompas.com - 06/12/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi Hayabusa 2 tiba di Ryugu JAXAIlustrasi Hayabusa 2 tiba di Ryugu

KOMPAS.com - Kapsul antariksa milik Jepang mendarat di wilayah Woomera, Australia Selatan. Kapsul itu membawa sampel bebatuan dari asteroid Ryugu.

Dilansir dari BBC, Minggu (6/12/2020) kapsul yang membawa sampel bebatuan itu merupakan bagian dari wahana antariksa Jepang yang bernama Hayabusa-2.

Wahana itu telah mengudara di antariksa selama lebih dari satu tahun untuk menginvestigasi asteroid Ryugu. Kapsul yang berisi sampel bebatuan kemudian dikirim balik ke Bumi.

Pendaratan kapsul itu terdeteksi pada Sabtu (5/12/2020) oleh kamera pengawas di wilayah Coober Pedy, Australia. Kapsul itu tampak seperti bola api yang menukik dari langit.

Bergerak dengan kecepatan 11 km/detik, kapsul itu kemudian membentangkan parasut untuk memperlambat kecepatan, dan mulai mengirimkan sinyal informasi untuk menandai lokasinya.

Kapsul itu akhirnya mendarat di dataran luas Woomera, yang berada di wilayah operasional Angkatan Udara Australia (RAAF).

Baca juga: SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa, Salah Satunya Veteran dari Jepang

Misi Hayabusa-2

Setelah mendarat, kapsul antariksa itu dibawa ke fasilitas penelitian milik Australia untuk diperiksa terlebih dahulu, sebelum diterbangkan ke Jepang.

Kapsul seberat 16 kilogram itu akan diangkut ke ruang kurasi di Japan Aerospace Exploration Agency (Jaxa) di Sagamihara untuk analisis dan penyimpanan.

Misi Hayabusa-2 sebelumnya direncanakan untuk mengumpulkan sampel lebih dari 100 miligram bebatuan dari asteroid Ryugu.

Asteroid pada dasarnya adalah material yang tersisa dari pembentukan Tata Surya.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X