Tips Beri Rasa Aman dan Nyaman untuk Anak Selama di Rumah Saja

Kompas.com - 06/12/2020, 19:47 WIB
Ilustrasi keluarga pada masa pandemi virus corona. ShutterstockIlustrasi keluarga pada masa pandemi virus corona.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang untuk membatasi berbagai aktivitas di luar rumah.

Kondisi tersebut menjadi tantangan baru bagi para orang tua dan anak-anak yang tinggal lebih lama di rumah daripada waktu-waktu yang sebelumnya.

Situasi ini membutuhkan adaptasi dari semua anggota keluarga, terutama yang sebelum pandemi sibuk dengan kegiatan masing-masing. Tak hanya berdiam diri di rumah.

Apalagi, penyebaran virus corona masih terus terjadi dan situasi belum terkendali. 

Bagaimana tips pengasuhan alias parenting dan membuat semua anggota keluarga tak tertekan dengan situasi pandemi saat ini?

American Academy (AAP) memberikan sejumlah tips berikut ini untuk melewati stress selama pandemi, seperti dikutip dari healthychildren.org. Apa saja?

Baca juga: 3 Tips Menjaga Berat Badan di Rumah Selama Pandemi Corona

Beri rasa aman pada anak

Situasi pandemi ini menimbulkan kekhawatiran, kecemasan, dan ketakutan. Tak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Orangtua perlu memastikan bahwa anak merasa aman dalam situasi sulit ini.

Bagaimana memberikan rasa aman itu? 

 

Pemahaman soal pandemi

Informasi yang beredar soal virus corona mungkin meresahkan anak-anak Anda. Beri pengertian kepada mereka bahwa kita bisa melakukan langkah pencegahan tertular virus corona. Misalnya, ikuti langkah-langkah keselamatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan tetap di rumah jika tidak untuk kepentingan mendesak yang mengharuskan keluar rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X