Waspada Potensi Gelombang Tinggi Mencapai 9 Meter, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 05/12/2020, 20:33 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi KOMPAS.com/ ROSYID ASZHARIlustrasi gelombang tinggi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada 5-7 Desember 2020.

Ada empat kategori tinggi gelombang yakni:

  • Sedang (tinggi gelombang 1.25 sampai 2.50 meter)
  • Tinggi (tinggi gelombang 2.50 sampai 4.0 meter)
  • Sangat tinggi (tinggi gelombang 4.0 sampai 6.0 meter)
  • Ekstrem (tinggi gelombang 6.0 sampai 9.0 meter).

Wilayah yang termasuk berpotensi muncul gelombang sedang dan tinggi dapat dilihat di laman ini.

Untuk wilayah yang berpotensi terjadinya gelombang sangat tinggi yakni di perairan utara Kepulauan Anambas sampai Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Subi sampai Serasan, dan Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Tengah.

Sementara, wilayah yang berpotensi terjadinya gelombang ekstrem yakni di laut Natuna Utara.

Baca juga: BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter, Ini Daftar Wilayahnya

Apa pemicu tingginya gelombang hingga mencapai ketinggian 9 meter?

Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG, Dr Andri Ramdhani, mengatakan, gelombang tinggi yang berpotensi muncul di Indonesia karena ada bibit siklon tropis "96S".

"Berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat bibit siklon tropis '96S' di Samudera Hindia selatan Banten dengan kecepatan angin maksimum 25 knot," ujar Andri saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/12/2020).

Ia mengatakan, bibit siklon tropis ini berdampak pada peningkatan tinggi gelombang di Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Perairan selatan Jawa memiliki ketinggian gelombang diprediksi mencapai 2.5-4.0 meter dan Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Tengah dengan ketinggian gelombang mencapai 4.0-6.0 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X