Simak, Ini 4 Tanda Anda Sudah Jenuh dengan Medsos dan Perlu Istirahat

Kompas.com - 04/12/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi media sosial KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Sekitar 3,96 miliar orang di dunia menggunakan media sosial dengan rata-rata penggunaan 144 menit setiap harinya.

Lamanya penggunaan media sosial ini dikarenakan unggahan yang memikat pengakses dan membuat mereka tetap kecanduan berselancar di media sosial.

Dilansir Insider (17/11/2020), besarnya muatan informasi di media sosial, seperti berita kenaikan kasus virus corona di dunia, kriminalitas, politik, dan lainnya secara tidak langsung membuat pembacanya menjadi jenuh.

Kendati demikian, sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara beristirahat dari media sosial.

Baca juga: Sempat Error, Bagaimana Awal Mula WhatsApp Diluncurkan?

Berikut 4 tanda seseorang harus beristirahat dari media sosial:

1. Bersosial media tidak menyenangkan lagi

Situs media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dimaksudkan sebagai cara yang menyenangkan dan untuk terhubung dengan keluarga dan teman.

Namun, jika Anda sudah merasakan bahwa hal itu bukan lagi sumber kegembiraan dan koneksi dalam hidup Anda, maka dimungkinkan itu termasuk tanda untuk beristirahat dari media sosial.

2. Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain

Seorang pelatih dan pembawa acara podcast yang didedikasikan untuk menumbuhkan keberanian untuk Black, Inigenous, Women of Color (BIWOC), Katara McCarty mengungkapkan, jika Anda merasa tidak cukup baik, cukup cantik, atau cukup sukses saat mengonsumsi apa yang ada di media sosial, maka Anda harus mempertimbangkan untuk beristirahat dari medsos.

"Jika Anda menemukan bahwa Anda merasa lebih buruk tentang diri Anda sendiri setelah bermedsos, maka itu bukanlah sumber daya yang menambah kesejahteraan emosional Anda," ujar McCarty.

Baca juga: Viral soal Balap Lari Liar di Medsos, Apa yang Terjadi?

3. Anda melakukan doomscrolling

Doomscrolling terjadi ketika Anda menemukan diri Anda tanpa pikiran, dan terus menerus menggulirkan layar ponsel untuk mengecek situs media sosial.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X