Hindari Bencana Kekeringan dengan Teknik Meredupkan Matahari? Ini Tanggapan BMKG...

Kompas.com - 03/12/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Afrika Selatan disebutkan telah menyiapkan cara unik untuk menghindari bencana kekeringan yang mengancam negara tersebut.

Mengutip Kompas.tv, Senin (30/11/2020), dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Environmental Research Leyyetrs, disebutkan para peneliti berencana untuk meredupkan matahari.

Meski terkesan tak masuk akal, para ilmuwan merasa yakin hal tersebut bisa dilakukan.

Baca juga: Melihat Fenomena Halo Matahari di Surabaya, Apa yang Terjadi?

Mereka menyarankan menyuntikkan partikel gas sulfur dioksida ke atmosfer atas bumi di atas Cape Town.

Lalu gas akan membentuk awan besar di atas kota yang memantulkan sinar matahari, dan meredupkan lingkungan di tanah bawahnya.

Menurut peneliti, strategi itu dapat mengurangi kemungkinan kekeringan melanda Cape Town yang disebutkan menjadi tiga kali lipat pada 2100.

Baca juga: Kapan Musim Kemarau 2020 Berakhir dan Musim Penghujan di Indonesia Dimulai?

Bagaimana tanggapan BMKG terkait hal ini?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X