Gotong Royong Melawan Corona

Kompas.com - 02/12/2020, 09:30 WIB
AMBIL SAMPEL—Petugas dari Satgas Covid-19 Kabupaten Wonogiri mengambil sampel usap anggota Polres Wonogiri untuk persiapan pengamanan Pilkada Wonogiri 9 Desember 2020. Uji swab masal itu digelar untuk mendeteksi dini penyebaran virus corona di lingkup Polres Wonogiri. KOMPAS.COM/Dokumemtasi Polres WonogiriAMBIL SAMPEL—Petugas dari Satgas Covid-19 Kabupaten Wonogiri mengambil sampel usap anggota Polres Wonogiri untuk persiapan pengamanan Pilkada Wonogiri 9 Desember 2020. Uji swab masal itu digelar untuk mendeteksi dini penyebaran virus corona di lingkup Polres Wonogiri.

KINI kita bisa berdebat tanpa akhir mengenai apakah pagebluk Corona masih merajalela atau sudah berlalu.

Namun sebagai seorang insan warga Indonesia, sebaiknya saya sadar bahkan yakin bahwa adalah lebih baik apabila kita bersatupadu ketimbang terpecah-belah saling bermusuhan dengan sesama warga Indonesia dalam menghadapi musuh bersama yang sebenarnya yaitu virus Corona.

Sebagai warga bangsa Indonesia, sebaiknya saya jangan lupa sejarah tentang bagaimana kaum penjajah berhasil lambat namun pasti menjajah Nusantara sampai dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan melakukan jurus divide et empera, memecah-belah bangsa yang mereka ingin jajah.

Setelah merdeka seharusnya kita jangan lupa bagaimana kita tanpa sadar telah memecah-belah diri kita sendiri melalui tragedi Madiun, tragedi G-30-S, tragedi Mei 1998 dan lain-lain tragedi yang merupakan fakta bahwa kita telah memecah-belah bangsa sendiri.

Syukur Alhamdullilah daya tahan semangat persatuan bangsa Indonesia ternyata sangat kuat sehingga selalu dapat kembali bersatu padu sesuai makna adiluhur poros Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Terutama ketika menghadapi ancaman malapetaka bukan buatan manusia seperti gempa bumi, banjir, tsunami, letusan gunung berapi dan lain sebagainya, telah terbukti bahwa bangsa Indonesia mampu bersatu padu bahu membahu melawan ancaman malapetaka.

Seolah segenap malapetaka justru malah menyadarkan bangsa Indonesia untuk menghentikan angkara murka mereka sendiri dalam saling membenci dan saling bermusuhan demi memecah-belah bangsa sendiri.

Terkesan secara meyakinkan bahwa pagebluk virus Corona yang pada saat naskah ini ditulis telah terbukti berhasil menewaskan belasan ribu warga Indonesia pada hakikatnya merupakan upaya menyadarkan bangsa Indonesia untuk segera menghentikan segenap angkara murka saling membenci oleh warga Indonesia terhadap sesama warga Indonesia sendiri.

Insya Allah, di masa kini bangsa Indonesia tersadarkan diri bahwa angkara murka yang harus dihadapi bukanlah sesama warga Indonesia namun angkara murka virus Corona yang telah terbukti menewaskan belasan ribu yang semoga jangan sampai melampaui ambang duapuluh ribu warga Indonesia termasuk diri saya sendiri.

Setiap hari saya hidup dalam suasana was-was dan cemas setiap saat diri saya terpapar Corona sebagai saat akhir saya hidup di alam fana ini.

Sadar bahwa saya bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa tanpa daya wewenang apalagi kekuasaan apa pun, maka dengan penuh kerendahan hati saya bersujud demi memanjatkan doa memohon perkenan Yang Maha Kuasa melimpahkan anugerah dan kurnia kekuatan lahir dan batin kepada segenap insan warga Indonesia termasuk saya agar senantiasa ojo dumeh serta eling lan waspodo menunaikan jihad al-nafs segera menghentikan segenap angkara murka kebencian apalagi kekerasan lahir-batin terhadap sesama warga Indonesia demi bersatu-padu, bergotong-royong melawan angkara murka pagebluk Corona. Amin.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X