3 Kandidat Vaksin Covid-19 yang Ajukan Izin Penggunaan Darurat

Kompas.com - 02/12/2020, 08:04 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan. SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan.
|

KOMPAS.com – Sejak pertama kali dilaporkan pada akhir tahun 2019, kasus virus corona di berbagai belahan dunia masih menunjukkan peningkatan.

Data Worldometers, pada Selasa (1/12/2020) menunjukkan, jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia telah mencapai 63.700.703.

Adapun, dari jumlah tersebut tercatat kasus kematian sebanyak 1.476.564. Sedangkan, mereka yang sembuh dari Covid-19 ada sebanyak 44.110.815 orang.

Di tengah pandemi yang berlangsung, sejumlah ilmuwan dan perusahaan kesehatan berlomba untuk menemukan vaksin virus corona.

Kini, tiga di antara kandidat vaksin tersebut sedang mengajukan izin penggunaan darurat, baik di Amerika Serikat maupun Eropa.

Baca juga: Studi: Virus Corona Dapat Masuk ke Otak

Berikut ini beberapa produsen vaksin virus corona yang sedang mengajukan izin penggunaan darurat:

1. Pfizer-BioNTech

Pfizer yang bekerja sama dengan BionTech adalah salah satu pihak yang mengajukan izin penggunaan darurat atas kandidat vaksin virus corona yang dibuatnya.

Pada 20 November, perusahaan mengajukan izin penggunaan darurat ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Lalu, dilansir Reuters pada Selasa (1/11/2020), mereka menyatakan vaksinnya akan dapat dipakai pada bulan ini di Eropa setelah pengajuan persetujuan penggunaan darurat Uni Eropa di setujui oleh European Medicines Agency (EMA).

Kadidat vaksin buatan Pfizer-BioNTech, berdasarkan hasil uji coba terakhir pada 18 November, diklaim memiliki keefektifan 95 persen terhadap virus corona tanpa masalah keamanan.

Baca juga: Pfizer dan BioNTech Ajukan Izin Penggunaan Vaksin ke Otoritas AS

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X