Kompas.com - 01/12/2020, 13:57 WIB
Akun palsu di Twitter mencatut nama Bank BRI. TwitterAkun palsu di Twitter mencatut nama Bank BRI.

KOMPAS.com - Sebuah akun Twitter mencatut nama Bank BRI, menggunakan kalimat twit yang sama dengan akun resmi Bank BRI, dan mengajak nasabah untuk berkomunikasi via WhatsApp.

Akun palsu itu yakni @BRI_ID1. Akun yang baru masuk Twitter pada November 2020 tersebut memuat foto profil yang sama dengan akun resmi bercentang biru Bank BRI @BANKBRI_ID. Nama akun palsu itu pun nyaris serupa dengan akun asli.  

Dalam profil akun palsu itu tertulis kalimat yang mirip dengan akun resmi Bank BRI, yakni "Melayani dengan setulus hati / PT BANK RAKYAT INDONESIA."

Akun @BRI_ID1 tidak memililki followers. Sementara, jumlah following-nya sebanyak 10 akun, di antaranya akun Twitter resmi @jokowi, akun resmi @NajwaShihab, dan akun resmi @FiersaBesari.

Hingga artikel ini dipublikasikan, akun palsu @BRI_ID1 sudah mengunggah 284 twit.

Akun ini cukup aktif membalas pertanyaan dan keluhan. Dalam sehari. jumlah twitnya bisa mencapai lebih dari 10 twit.

Sebagian besar twitnya merupakan balasan terhadap pertanyaan dari akun lain yang terkesan percaya bahwa akun @BRI_ID1 adalah akun resmi Bank BRI. 

Twit balasan selalu sama, yakni meminta akun atau nasabah untuk menghubungi BRI Customer dengan cara mengklik tautan (link) yang disediakannya. Tautan itu terhubung ke live chat di WhatsApp.

Berikut isi pembicaraan akun palsu tersebut dengan akun lain:

Akun palsu itu bahkan ikut membalas twit yang masuk ke akun resmi bercentang biru BRI yakni @kontakBRI dan akun resmi BRI @BANKBRI_ID.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.