Bantuan Kuota Internet 2020, Akankah Diperpanjang Tahun Depan?

Kompas.com - 29/11/2020, 18:32 WIB
Orang tua siswa membimbing anaknya belajar daring memanfaatkan jaringan internet gratis di kolong rel kereta api Mangga Besar, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Fasilitas internet gratis menggunakan modem WiFi yang disediakan oleh warga setempat yang lebih mampu itu bertujuan untuk membantu kelancaran proses belajar daring siswa yang tidak mampu membeli paket kuota internet selama pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIOrang tua siswa membimbing anaknya belajar daring memanfaatkan jaringan internet gratis di kolong rel kereta api Mangga Besar, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Fasilitas internet gratis menggunakan modem WiFi yang disediakan oleh warga setempat yang lebih mampu itu bertujuan untuk membantu kelancaran proses belajar daring siswa yang tidak mampu membeli paket kuota internet selama pandemi COVID-19.

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) kembali menyalurkan subsidi kuota belajar kepada pelajar dan pengajar.

Bantuan ini diberikan karena pembelajaran selama pandemi virus corona berlangsung daring.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na'im mengungkapkan, bantuan kuota data internet diberikan kepada siswa, mahasiswa, pendidik dan guru, serta dosen.

Mengutip situs resmi Kemendikbud, penyaluran kuota data internet dilakukan selama 4 (empat) bulan dari September hingga Desember 2020.

Apakah bantuan kuota belajar ini akan berlanjut pada tahun 2021?

Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Evy Mulyani mengatakan, belum ada keputusan apakah bantuan ini akan dilanjutkan atau tidak. 

Ia mengimbau masyarakat untuk menunggu kebijakan selanjutnya.

"Pemerintah tentu senantiasa memikirkan kebijakan yang terbaik untuk seluruh pemangku kepentingan dan seluruh kebijakan tersebut memerlukan proses dan diskusi dengan banyak pihak terkait," ujar Evy saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/11/2020).

"Dengan demikian, mohon ditunggu bagaimana kelanjutan kebijakan tersebut ketika sudah ada tentu akan diinformasikan," lanjut dia.

Baca juga: 4 Tips Optimalkan Bantuan Kuota Internet Kemendikbud

Soal perbedaan kuota belajar di medsos

Bantuan kuota internet yang disalurkan pekan ini untuk dua bulan sekaligus, November dan Desember 2020.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X