Erupsi Gunung Ile Lewotolok, PVMBG Imbau Masyarakat Kenakan Masker

Kompas.com - 29/11/2020, 13:25 WIB
Penampakan pasca erupsi Gunung Ili Lewotolok yang terletak di Lembata, Nusa Tenggara Timur, Minggu (29/11/2020) PVMBGPenampakan pasca erupsi Gunung Ili Lewotolok yang terletak di Lembata, Nusa Tenggara Timur, Minggu (29/11/2020)

KOMPAS.com - Gunung Ili Lewotolok yang terletak di Lembata, Nusa Tenggara Timur, erupsi pada Minggu (29/11/2020) pukul 09.45 WITA.

Letusan menghasilkan kolom abu setinggi kurang lebih 4.000 meter dari puncak gunung dengan tinggi kurang dari 2.000 meter itu.

Akibat dari letupan material vulkanik yang terhambur angin, sebagian wilayah di sekitar gunung pun mengalami hujan abu, pasir, hingga kerikil.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api wilayah kerja Timur (Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Banda) Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG), Devy Kamil Syahbana.

"Ya betul memang di beberapa desa telah terjadi hujan material vulkanik mulai ukuran kerikil hingga abu," kata Devy ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (29/11/2020).

Baca juga: Gunung Ile Lewotolok di NTT Meletus, Ini Penjelasan PVMBG

Kepala PVMBG Kasbani juga menyebutkan, hujan material vulkanik ini turut menimpa pos PVMBG.

"Pos kami yang berjarak 6 km terdampak abu dan pasir halus," kata Kasbani saat dihubungi terpisah, Minggu (29/11/2020).

Devy tidak bisa memastikan hingga kapan aktivitas vulkanik ini akan berlangsung. Ia berkaca pada erupsi Gunung Ili Lewotolok sekitar 8 tahun yang lalu.

"Kalau untuk berlangsung sampai kapan ini sulit dipastikan. Erupsi sebelumnya pada 2012 berlangsung selama 13 hari. Namun apakah saat ini akan sama tidak dapat dipastikan karena ini bergantung pada seberapa banyak suplai magma ke permukaan," jelas Devy.

PVMBG masih melakukan analisis lebih jauh terkait aktivitas Gunung Lewotolok ini.

Baca juga: Mengenal Gunung Ile Lewotolok yang Pagi Ini Erupsi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X