[KLARIFIKASI] Foto dengan Klaim Joe Biden Minta Maaf kepada Anak George Floyd

Kompas.com - 28/11/2020, 18:44 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Beredar gambar dengan narasi presiden terpilih AS, Joe Biden, berlutut meminta maaf di depan putri dari George Floyd.

George Floyd ialah pria berusia 46 tahun yang tewas setelah lehernya ditindih polisi pada 25 Mei 2020 di Minneapolis, Amerika Serikat (AS). Kematian George Floyd membangkitkan banyak aksi unjuk rasa di ratusan kota di AS.

Narasi pada gambar bahwa Joe Biden berlutut meminta maaf kepada putri Floyd itu keliru.

Dari penelusuran digital, didapati bahwa gambar itu menampilkan Biden tengah berbicara dengan CJ Brown, putra dari pemilik toko pakaian di Detroit, Michigan, pada September 2020.

Biden mengunjungi toko tersebut untuk membeli pakaian bagi cucunya. Ketika itu Biden yang berstatus kandidat presiden Partai Demokrat sedang menghadiri acara kampanye di Michigan.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Tebogo Maswanganyi pada Sabtu (28/11/2020) mengunggah gambar yang menunjukkan Joe Biden tengah berlutut di depan seorang anak kecil berkulit hitam.

Dalam statusnya, akun tersebut menulis bahwa Joe Biden berlutut di depan putri Floyd dan meminta maaf.

Status Facebook dengan narasi keliru bahwa Joe Biden sedang berlutut dan meminta maaf kepada anak dari George Floyd.Facebook Status Facebook dengan narasi keliru bahwa Joe Biden sedang berlutut dan meminta maaf kepada anak dari George Floyd.

Akun Facebook Sunday Andrea juga mengunggah gambar yang sama dan menulis di statusnya, yang dialihkan ke bahasa Indonesia, sebagai berikut:

"Presiden terpilih Joe Biden mengatakan "maaf untuk ayahmu" kepada anak George Floyd."

Akun ini dan ini juga mengunggah gambar serupa dan menarasikan hal yang sama.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X