Tide Gauge, Alat Deteksi Tsunami yang Dipasang di Labuan Bajo

Kompas.com - 28/11/2020, 15:06 WIB
Ilustrasi kapal di Pelabuhan Labuan Bajo. Dok. Shutterstock/Harry HermananIlustrasi kapal di Pelabuhan Labuan Bajo.

KOMPAS.com - Sebagai salah satu kawasan wisata favorit di Indonesia, Labuan Bajo, tidak lepas dari ancaman terjadinya bencana alam, seperti tsunami dan gempa bumi.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, wilayah yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur itu berada di zona seismik aktif.

"Secara tektonik, wilayah ini diapit oleh 2 sumber gempa potensial, yaitu sumber gempa Sesar Naik Flores di utara, dan zona Megathrust Sumba di selatan," kata Daryono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/11/2020).

Daryono menjelaskan, Sesar Naik Flores di wilayah ini memiliki magnitudo tertarget 7,5. Sementara, sumber gempa Megathrust Sumba memiliki magnitudo tertarget 8,5.

Dalam catatan katalog tsunami, Daryono mengatakan, wilayah perairan antara Bima dan Manggarai pernah mengalami peristiwa tsunami 3 kali.

"Peristiwa itu yaitu pada 5 Maret 1836, 28 November 1836, dan 14 April 1855. Dalam peristiwa terakhir, tsunami dilaporkan menimbulkan kerusakan beberapa kapal di pelabuhan," ujar dia.

Baca juga: Merespons Kajian Potensi Tsunami, FKIP UNS Kupas Soal Mitigasi Bencana lewat Webinar

Peringatan dini tsunami

Daryono mengatakan, sebagai salah satu kawasan wisata favorit di Indonesia, Labuan Bajo perlu memiliki sistem informasi gempa dan cuaca, serta peringatan dini tsunami dan cuaca ekstrim.

"Untuk mendukung keselamatan pariwisata dan masyarakat," kata Daryono.

Pada 2020, BMKG telah memasang alat Tide Gauge yang berfungsi untuk konfirmasi terjadinya tsunami.

Tide Gauge adalah alat untuk mengukur perubahan muka laut secara mekanik dan otomatis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X