Tanggapan WHO soal Klaim Covid-19 Awalnya Bukan dari China

Kompas.com - 28/11/2020, 13:19 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Sudah hampir satu tahun virus corona menyebar ke seluruh negara di dunia. Pandemi Covid-19 pun masih terus terjadi. Bahkan, di beberapa negara belum terkendali.

Asal-usul dari mana awal virus corona menyebar masih terus berkembang.

Kasus pertama dikonfirmasi di Wuhan, China. Namun, belakangan hal itu dibantah dan diklaim bahwa virus tidak pertama kali berasal dari sana.

Polemik ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) turut bersuara dan merespons beberapa dugaan ini.

WHO juga merespons pernyataan China yang berulang kali menyatakan awal Covid-19 bukan berasal dari negaranya.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (28/11/2020), klaim China soal asal-usul Covid-19 berdasarkan pada "bukti" adanya jejak Covid-19 pada makanan beku impor.

China menyebut hal itu karena merujuk pada jurnal ilmiah yang membuktikan bahwa Covid-19 kemungkinan sudah beredar di Eropa lebih dulu.

Baca juga: Kasus Corona Meningkat di Beberapa Kota di China, Kembali Lockdown?

Pakar WHO Mike Ryan mengatakan, sangat spekulatif jika menyebut Covid-19 awalnya pertama kali bukan dari China.

"Saya pikir sangat spekulatif bagi kami untuk mengatakan bahwa penyakit itu tidak muncul di China," kata Mike Ryan pada briefing virtual di Jenewa, saat ditanya apakah Covid-19 mungkin pertama kali muncul di luar China.

"Jelas dari perspektif kesehatan masyarakat bahwa Anda memulai penyelidikan di mana kasus manusia pertama kali muncul," tambahnya, mengatakan bahwa bukti kemudian dapat mengarah ke tempat lain.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X