Sejarah Kelam Penerbangan Selandia Baru, Pesawat Tabrak Gunung di Antartika

Kompas.com - 28/11/2020, 10:45 WIB
Kawah Gunung Erebus di pulau Ross, Antartika NSF/Josh Landis/United States Antarctic ProgramKawah Gunung Erebus di pulau Ross, Antartika

KOMPAS.com - Selandia Baru memiliki catatat kelam pada dunia penerbangan. Pada 28 November 1979, pesawat Air New Zealand menabrak Gunung Erebus di Antartika.

Melansir History, 22 November 2019, sebanyak 257 orang penumpang dan awak pesawat meninggal dunia.

Selama 1970-an, perjalanan udara ke Antartika menjadi lebih populer, karena turis berusaha melihat benua yang terisolasi dan misterius di dasar dunia secara langsung.

Di Ross Ice Shelf, Selandia Baru, orang-orang bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Namun perjalanan itu menimbulkan bahaya, karena penerbangan ke Antartika bisa bermasalah.

Mengutip BBC, 28 November 2019, penerbangan Air New Zealand bernomor TE901 itu dipimpin pilot Kapten Jim Collins.

Air New Zealand mulai mengoperasikan penerbangan wisata di atas Antartika dua tahun sebelumnya, dan mereka sukses besar. Penerbangan tersebut menawarkan kemewahan kelas satu dan pemandangan yang menakjubkan di atas es yang tak ada habisnya di ujung dunia.

Baca juga: Lubang Misterius di Es Laut Antartika, Ilmuwan Menduga Ini Penyebabnya

Bagaimana pesawat itu jatuh?

Sekitar tengah hari, pilot Kapten Jim Collins menerbangkan dua putaran besar melewati awan untuk membawa pesawat turun ke ketinggian sekitar 2.000 kaki (610 meter) dan menawarkan pandangan yang lebih baik kepada penumpangnya.

Dengan asumsi berada di jalur penerbangan yang sama dengan penerbangan sebelumnya dan melewati McMurdo Sound yang luas, dia tidak akan melihat ada masalah.

Di dalam pesawat DC 10, orang-orang sibuk mengambil foto atau merekam film pemandangan di luar kabin. Banyak dari foto-foto ini kemudian ditemukan di reruntuhan dan masih dapat dikembangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X