Kerangka Paus Purba Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di Thailand

Kompas.com - 28/11/2020, 10:15 WIB
Kerangka paus purba yang diperkirakan berusia 5.000 tahun di Thailand TOP Varawut/FacebookKerangka paus purba yang diperkirakan berusia 5.000 tahun di Thailand

KOMPAS.com - Ilmuwan Thailand menemukan kerangka paus purba yang diperkirakan berusia hingga 5.000 tahun, 6 November 2020 lalu. 

Kerangka yang diyakini sebagai Paus Bryde ini ditemukan di distrik Pang, Ban Laeo di Samut Sakhon, sebelah barat Bangkok.

Temuan itu terdiri dari tulang belulang yang ditemukan berukuran 12 meter atau 39 kaki, dengan tengkorang sepanjang 3 meter. 

Sejauh ini, telah teridentifikasi 19 tulang belakang lengkap, lima tulang rusuk, tulang belikat, dan sirip.

Tulang-tulang tersebut akan diverifikasi usianya, namun diperkirakan berusia antara 3.000-5.000 tahun.

Kerangka paus ditemukan di darat yang berjarak sekitar 12 kilometer dari pantai laut saat ini.

Ini bukti penting yang menunjukkan invasi air laut yang datang ke tanah ribuan tahun lalu. Ini juga dapat mempelajari sejarah dan evolusi paus dan makanan laut.

Baca juga: Arkeolog Temukan Jasad Majikan dan Budaknya di Situs Kuno Pompeii

Paus Bryde

Paus Bryde masih ditemukan di perairan Thailand, menjadi spesies yang dilindungi.

Paus, yang lebih menyukai perairan di atas 16 derajat celcius dan memakan ikan berkelompok seperti ikan teri, menghadapi ancaman dari peralatan penangkapan ikan dan pariwisata.

Sisa-sisa kerangka yang ditemukan sekitar 12 km atau 7,5 mil ke pedalaman, akan membantu para ilmuwan memahami evolusi spesies dan melacak kenaikan permukaan laut yang telah berubah selama ribuan tahun.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X