Trump Akan Tinggalkan Gedung Putih jika Biden Menang pada Suara Electoral College

Kompas.com - 27/11/2020, 19:19 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara di Rose Garden, Gedung Putih, Kamis (13/11/2020) AFP/MANDEL NGAN Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara di Rose Garden, Gedung Putih, Kamis (13/11/2020)

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa dia akan meninggalkan Gedung Putih jika Electoral College mengukuhkan kemenangan Joe Biden.

Pernyataan tersebut menjadi pernyataan Trump yang mendekati pengakuan kekalahan dalam pilpres AS 2020.

Pasalnya selama ini, Trump terus melontarkan klaim kemenangan dan berulang kali menuduh adanya kecurangan pilpres secara luas, yang tidak pernah ada buktinya.

Baca juga: Trump Serius Mempertimbangkan Tawaran untuk Jadi Presiden AS 2024

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (27/11/2020), pernyataan terbaru Trump itu disampaikan kepada wartawan saat liburan Thanksgiving pada Kamis (26/11/2020) waktu setempat.

Trump mengungkapkan, jika Biden yang akan dilantik pada 20 Januari 2021 telah disertifikasi sebagai pemenang pilpres oleh Electoral College, maka dirinya akan meninggalkan Gedung Putih.

Namun, Trump menyatakan akan sulit baginya untuk mengakui kekalahan dalam situasi saat ini. 

Trump juga menolak untuk menjawab saat ditanya apakah dirinya akan menghadiri pelantikan Biden nantinya.

"Pemilihan ini adalah kecurangan," ucap Trump bersikeras, sembari terus melontarkan tuduhan kecurangan pilpres tanpa memberikan bukti konkret.

Baca juga: Saat Putra Donald Trump Isi Waktu Isolasinya dengan Membersihkan Koleksi Senjata yang Dimiliki...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X