Putri Diana Sempat Mengaku Alami Bulimia, Apa Itu?

Kompas.com - 27/11/2020, 16:33 WIB
Putri Diana Spencer. Tangkap layar Vogue.Putri Diana Spencer.
|

KOMPAS.com – Dua tahun sebelum meninggal, pada 1995, Putri Diana diketahui melakukan wawancara dengan BBC.

Wawancara kontroversial tersebut mengungkap insting wanitanya, membuat Putri Diana tahu bahwa Pangeran Charles melakukan perselingkuhan saat mereka menjadi pasangan.

Adapun, saat ditanya apa dampak dari perselingkuhan itu, Putri Diana menyebut dirinya mengalami bulimia yang membuatnya makan sampai lima kali sehari.

Wawancara itu pada Rabu (18/11/2020) mulai diselidiki, karena BBC dituduh menipu Putri Diana sehingga membuatnya mengungkap persoalan internal rumah tangga.

Baca juga: Wawancaranya jadi Kontroversi, Apa Saja yang Diumbar Putri Diana ke BBC?

Lantas, apa itu bulimia yang dialami oleh Lady Diana?

Mengutip Mayo Clinic, bulimia atau bulimia nervosa adalah gangguan makan yang serius dan berpotensi mengancam jiwa. Penderita bulimia akan makan secara diam-diam, namun berlebihan.

Mereka makan dalam jumlah besar dan kehilangan kendali atas makanannya. Namun setelahnya, mereka sebisa mungkin akan mencoba membersihkan dirinya dari dampak makan berlebihan itu dengan cara yang tidak sehat.

Para penderita bulimia biasanya akan berusaha menghilangkan kalori dan mencegah penambahan berat badan menggunakan metode yang tidak tepat.

Misalnya meminum obat penyebab muntah secara teratur, menyalahgunakan obat pencahar, suplemen berat badan, hingga obat diuretik atau enema usai banyak makan. Atau bisa juga dengan berusaha menghilangkan kalori dengan diet ketat dan olahraga berlebihan.

Penderita bulimia akan sibuk dengan berat badan, dan menilai diri sendiri secara buruk karena memiliki kekurangan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Bulimia, Gangguan Makan Serius yang Sempat Dialami Vicky Shu

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X