NHS Inggris Lakukan Uji Tes Darah untuk Deteksi Lebih dari 50 Jenis Kanker

Kompas.com - 27/11/2020, 11:33 WIB
Ilustrasi tes darah. ShutterstockIlustrasi tes darah.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - National Health Service ( NHS) Inggris akan melakukan uji coba tes darah sederhana yang dapat membantu mengidentifikasi lebih dari 50 jenis kanker sebelum terdiagnosis.

Dikutip dari The Guardian, Jumat (27/11/2020), tes darah yang dikenal sebagai "The Galleri" ini mampu merevolusi deteksi kanker secara dini.

Temuan ini dinilai akan menyelamatkan banyak nyawa dengan mengidentifikasi gejala dalam waktu cukup cepat, sehingga seseorang dapat segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Tes darah akan ditawarkan kepada 165.000 orang di Inggris mulai pertengahan 2021. Sebagian besar dari yang akan diuji, tidak mempunyai tanda-tanda penyakit kanker.

Baca juga: Mengenal Kanker Langka Angiosarkoma, dari Penyebab hingga Gejalanya...

NHS berharap tes ini terbukti sangat berguna dalam mendeteksi tanda-tanda awal kanker yang sulit dikenali, seperti kanker ovarium dan pankreas.

"Deteksi dini terutama untuk kondisi yang sulit diobati seperti ovarium dan kanker pankreas, berpotensi menyelamatkan banyak nyawa," ujar Kepala Eksekutif NHS Inggris Sir Simon Stevens.

"Oleh karena itu, tes darah yang menjanjikan ini bisa menjadi pengubah permainan dalam perawatan kanker, membantu lebih banyak orang untuk mendapatkan pengobatan yang berhasil," lanjutnya.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker, Apa Saja?

Jika uji coba menemukan bahwa tes darah dapat mendeteksi kanker sejak dini, tes tersebut akan tersedia secara rutin pada akhir dekade ini.

Dikabarkan The Independent, ini merupakan tes darah pertama yang mampu mengidentifikasi beragam jenis kanker, termasuk paru-paru, usus, ovarium, atau pankreas, yang secara keseluruhan dilakukan dengan akurasi 93 persen.

Tes yang dikembangkan dengan dana dari perusahaan Amerika Serikat, Grail, dapat membantu NHS memenuhi tujuan untuk meningkatkan proporsi kanker yang terdeteksi lebih awal dan menjadi kunci dalam mengurangi kematian akibat kanker.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X